Apa dan Siapa
Mengenal Lebih Dekat Ketua Balawista Pangandaran, Dodo Taryana

Mengenal Lebih Dekat Ketua Balawista Pangandaran, Dodo Taryana

Dodo Taryana pria yang akrab di panggil "DT" adalah Ketua Balawista Pangandaran, lahir di Pangandaran pada tahun 1969.Pria dengan ciri khas berkumis tebal ini sejak kecil memang sudah bersahabat dengan dunia air.

Sebelum bergabung dengan Balawista aktifitas Dodo Taryana adalah seorang penyelam alam yang tergabung dalam SAR ALAM yang dibentuk oleh warga Pangandaran yang mayoritas berprofesi sebagai penyelam pada tahun 1982, saat itu tugas SAR ALAM hanya menunggu informasi dari nelayan sekitar setelah kejadian tenggelamnya wisatawan lalu Mereka mengevakuasi.

Sejarah terbentuknya Balawista itu sendiri pada tahun 1995 dari sana mulailah direkrut pemuda-pemuda Pangandaran (saat itu 60 orang) untuk diberikan pelatihan oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (waktu itu Menparpostel) yang instrukturnya didatangkan langsung dari Bali.Pelatihan itu ditekankan pada tindakan prefentif bagaimana penanganan dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Dari sana Dodo Taryana mulai aktif berorganisasi melalui ketekatan hati Dodo dan kawan-kawan mengusulkan pemebentukan organisasi dengan meminta dukungan dari Balawista Bali sehingga nama Balawista (Badan Penyelamat Wisata Tirta) Pangandaran sama dengan Balawista Bali.Akhirnya pada Tahun 1996 barulah diturunkan SK Bupati untuk melantik dan menetapkan Balawisata sebagai Organisasi Badan Penyelamat.Pada awal dibentuknya Balawista, Dodo pertama kali menjabat sebagai bendahara lalu wakil koordinator sekarang selama dua periode Dodo Taryana terpilih menjadi ketua Balawista.

Awal-awal dibentuknya Balawista, suka dan duka dirasakan Dodo Taryana,Dia harus berangkat dari pagi sampai sore hari, jika waktu makan siang tiba maka para anggota balawista pun harus pulang sejenak untuk mengisi perut Mereka, bahkan wisatawan pun tidak mengetahui apa itu Balawista karena pada saat itu keberadaan Balawista hanya saat ramai pengunjung saja dan masih kurang dukungan dari Pemerintah setempat.

Dodo menghrapakan, Balawista tetap solid dan eksis terutama bisa menjadikan suatu kebanggaan bagi warga Pangandaran, dengan adanya Balawista diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nayaman kepada wisatawan karena dengan rasa aman dan nyaman, kunjungan wisatawan diharapkan akan lebih meningkat maka dari itu perlunya penyebarluasan informasi tentang keselamatan di laut sehingga setiap harinya angka kecelakan dilaut mejadi nihil.

Mengenai kenyamanan wistawan di pantai Dodo Taryana juga mengharapkan adanya pembatas zona aman berenang dan perahu pesiar di pisahkan, dimana wisatawan bebas berenang tanpa harus terusik oleh lalu lalang perahu, masalah pelakasanaannya bagaimana,  yang penting wisatawan sudah tau mana tempat untuk mereka beraktifitas di pantai begitu menurut Dodo.

Keinginan Dodo sebagai ketua Balawista, Balawista bukan hanya bergerak dibidang sosial saja tetapi, bisa menjadi sebuah profesi yang bisa diharapkan untuk masa tuanya nanti, karena pekerjaan sebagai Balawista menuntut stamina dan skill seseorang,jika sudah tidak mampu lagi diharapkan ada kesejahteraan dimasa tua.

Selain sebagai Ketua Balawista saat ini Dodo Taryana juga aktif di dalam beberapa organisasi yang menjadi hobinya yaitu bersepeda, Ia bergabung dalam Komunitas Sepeda Pangandaran yang diberi nama KONSEP, disela-sela kegiatannya sebagai ketua Balawista Dodo Taryana juga aktif dalam suatu kegiatan sebagai wujud peduli untuk menyelamatkan Pangandaran dari permasalahan sampah bersama Group Selamatkan Pangandaran dan rekan-rekan seperjuangannya.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Apa dan Siapa Lainnya
Iis Siti Nurul Jannah, Moka Jabar Senang Promosikan Pangandaran
Iis Siti Nurul Jannah, Moka Jabar Senang Promosikan Pangandaran
Senin, 02 April 2012 22:24 WIB
Iis panggilan akrabnya, gadis cantik asal Ciamis ini adalah wakil Kabupaten Ciamis dalam Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat 2011, saat ini Iis menjadi bagian dari Moka Jabar yang diberi amanah untuk menjadi duta Jawa barat
Nana Suryana,Jurnalis Muda Berbakat Dan Kritis
Nana Suryana,Jurnalis Muda Berbakat Dan Kritis
Selasa, 27 September 2011 21:16 WIB
Berawal dari kejenuhan di tempat kerja yang lama Nana Suryana mulai menggeluti dunia jurnalistik, Nana Suryana atau yang akrab dipanggil "Nay" pada dasarnya sudah memiliki basic media yang kuat dalam dirinya, maka dari itu
Prof Turmudi, Tukang Nderes menjadi Profesor
Prof Turmudi, Tukang Nderes menjadi Profesor
Minggu, 14 Maret 2021 06:26 WIB
Siapa orang Pangandaran yang tidak mengenal sosok yang satu ini. Saat duduk di Bangku SMA, selain merangkap sebagai Tata Usaha di salah satu SMP di Pangandaran, ia juga bekerja sebagai tukang Nderes, alias menyadap Nira kelapa. Namanya Prof Turmudi, Siapakah dia?
Mama Ucin, Pimpinan Pesantren Tertua di Pangandaran
Mama Ucin, Pimpinan Pesantren Tertua di Pangandaran
Sabtu, 23 Juli 2016 07:57 WIB
Banyak yang tidak menyangka bahwa Pondok Pesantren Kalangsari telah berdiri cukup lama dan merupakan salah satu Pesantren tertua di Kabupaten Pangandaran yang masih eksis dan maju.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini