Apa dan Siapa
Mengenal Lebih Dekat Ketua Balawista Pangandaran, Dodo Taryana

Mengenal Lebih Dekat Ketua Balawista Pangandaran, Dodo Taryana

Dodo Taryana pria yang akrab di panggil "DT" adalah Ketua Balawista Pangandaran, lahir di Pangandaran pada tahun 1969.Pria dengan ciri khas berkumis tebal ini sejak kecil memang sudah bersahabat dengan dunia air.

Sebelum bergabung dengan Balawista aktifitas Dodo Taryana adalah seorang penyelam alam yang tergabung dalam SAR ALAM yang dibentuk oleh warga Pangandaran yang mayoritas berprofesi sebagai penyelam pada tahun 1982, saat itu tugas SAR ALAM hanya menunggu informasi dari nelayan sekitar setelah kejadian tenggelamnya wisatawan lalu Mereka mengevakuasi.

Sejarah terbentuknya Balawista itu sendiri pada tahun 1995 dari sana mulailah direkrut pemuda-pemuda Pangandaran (saat itu 60 orang) untuk diberikan pelatihan oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (waktu itu Menparpostel) yang instrukturnya didatangkan langsung dari Bali.Pelatihan itu ditekankan pada tindakan prefentif bagaimana penanganan dan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Dari sana Dodo Taryana mulai aktif berorganisasi melalui ketekatan hati Dodo dan kawan-kawan mengusulkan pemebentukan organisasi dengan meminta dukungan dari Balawista Bali sehingga nama Balawista (Badan Penyelamat Wisata Tirta) Pangandaran sama dengan Balawista Bali.Akhirnya pada Tahun 1996 barulah diturunkan SK Bupati untuk melantik dan menetapkan Balawisata sebagai Organisasi Badan Penyelamat.Pada awal dibentuknya Balawista, Dodo pertama kali menjabat sebagai bendahara lalu wakil koordinator sekarang selama dua periode Dodo Taryana terpilih menjadi ketua Balawista.

Awal-awal dibentuknya Balawista, suka dan duka dirasakan Dodo Taryana,Dia harus berangkat dari pagi sampai sore hari, jika waktu makan siang tiba maka para anggota balawista pun harus pulang sejenak untuk mengisi perut Mereka, bahkan wisatawan pun tidak mengetahui apa itu Balawista karena pada saat itu keberadaan Balawista hanya saat ramai pengunjung saja dan masih kurang dukungan dari Pemerintah setempat.

Dodo menghrapakan, Balawista tetap solid dan eksis terutama bisa menjadikan suatu kebanggaan bagi warga Pangandaran, dengan adanya Balawista diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nayaman kepada wisatawan karena dengan rasa aman dan nyaman, kunjungan wisatawan diharapkan akan lebih meningkat maka dari itu perlunya penyebarluasan informasi tentang keselamatan di laut sehingga setiap harinya angka kecelakan dilaut mejadi nihil.

Mengenai kenyamanan wistawan di pantai Dodo Taryana juga mengharapkan adanya pembatas zona aman berenang dan perahu pesiar di pisahkan, dimana wisatawan bebas berenang tanpa harus terusik oleh lalu lalang perahu, masalah pelakasanaannya bagaimana,  yang penting wisatawan sudah tau mana tempat untuk mereka beraktifitas di pantai begitu menurut Dodo.

Keinginan Dodo sebagai ketua Balawista, Balawista bukan hanya bergerak dibidang sosial saja tetapi, bisa menjadi sebuah profesi yang bisa diharapkan untuk masa tuanya nanti, karena pekerjaan sebagai Balawista menuntut stamina dan skill seseorang,jika sudah tidak mampu lagi diharapkan ada kesejahteraan dimasa tua.

Selain sebagai Ketua Balawista saat ini Dodo Taryana juga aktif di dalam beberapa organisasi yang menjadi hobinya yaitu bersepeda, Ia bergabung dalam Komunitas Sepeda Pangandaran yang diberi nama KONSEP, disela-sela kegiatannya sebagai ketua Balawista Dodo Taryana juga aktif dalam suatu kegiatan sebagai wujud peduli untuk menyelamatkan Pangandaran dari permasalahan sampah bersama Group Selamatkan Pangandaran dan rekan-rekan seperjuangannya.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Apa dan Siapa Lainnya
Wahyu Widodo, From Zero To Hero Pangandaran
Wahyu Widodo, From Zero To Hero Pangandaran
Senin, 07 November 2011 10:58 WIB
Wahyu Widodo Pemuda asal Pangandaran memperlihatkan bakat besarnya sebagai pembalap harapan Jawa Barat. Memulai balapan professional di tahun 2001, Dua tahun bergelut di kelas pemula, Wahyu langsung mencetak prestasi
Mengenal Lebih Dekat Duta Pangandaran Pada Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat 2015
Mengenal Lebih Dekat Duta Pangandaran Pada Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat 2015
Sabtu, 28 November 2015 11:06 WIB
Setelah sukses menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Pangandaran 2015, yang di laksanakan oleh Paguyuban Mojang Jajaka Pangandaran kini Kabupaten Pangandaran mengirimkan duta atau perwakilanya untuk mengikuti ajang tingkat prov
Cakra Khan, Harumkan Pangandaran Lewat Tembang
Cakra Khan, Harumkan Pangandaran Lewat Tembang
Selasa, 06 November 2012 13:39 WIB
Mendengar nama Cakra Khan seperti nama keturunan India, tetapi Cakra Khan yang ini adalah asli orang Indonesia, tepatnya anak pantai Pangandaran,Jawa Barat. Ya Cakra Khan dengan nama lengkap Cakra Konta Paryaman ini sekarang
Arin Iswana Pembalap Berbakat Asal Pangandaran
Arin Iswana Pembalap Berbakat Asal Pangandaran
Selasa, 15 November 2011 14:42 WIB
Pangandaran-Ciamis dikenal dengan melahirkan atlit-atlit sepeda berbakat dan salah satunya Arin Iswana.Pemuda kelahiran asal Pangandaran ini memang sudah bercita-cita menjadi seorang pembalap sejak masih duduk di bangku SD
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini