Balawista Selamatkan 10 Nyawa Wisatawan Pengandaran


Balawista Selamatkan 10 Nyawa Wisatawan Pengandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-Kecelakaan laut kembali mewarnai liburan pergantian tahun, hari kedua tahun 2011, Minggu (2/1) di Pantai Pangandaran. Sepuluh wisatawan terseret ombak di lokasi yang berbeda dan waktu yang berbeda. Tetapi semua wisatawan yang sempat terseret ombak berhasil diselamatkan oleh petugas lifeguard yang tergabung dalam Balawista Pangandaran dan unsure SAR laut fungsional lainnya seperti dari Satpol Air/Airud, TNI AL dan SAR nelayan.

Berbeda dengan hari sebelumnya, Sabtu (1/1) meski kejadian kecelakaan laut hanya empat kali, seorang wisatawan tewas terseret ombak saat mencoba menyelamatkan tiga rekannya yang lebih dulu tergusur arus balik.

“Hari ini ada sepuluh kejadian, tetapi semuanya tertangani dengan baik. Sepuluh wisatawan berhasil diselamatkan,” ujar Ketua Balawista Pangandaran, Dodo Turyana kepada Tribun MInggu (2/1) petang.

Sejak pagi sampai pukul 17.00, Minggu (2/1) menurut Dodo telah terjadi 10 kecelakaan laut di beberapa lokasi, semuanya di kawasan zona berbahaya untuk berenang dari pos II sampai Pos V Pantai Barat Pangandaran, dalam waktu berbeda. Namun kecelakaan laut tersebut berhasil ditanggulangi dengan baik oleh Balawista dan SAR gabungan yang siaga I.

“Semuanya berupa kecelakaan ringan, tidak ada yang sampai pingsan apalagi sampai di bawa ke puskesmas. Sewaktu dievakuasi ke darat, ke-10 korban tadi masih dalam kondisi sadarkan diri,” ujar Dodo.

Menghadapi padatnya kunjungan wisatawan pada liburan tahun baru yang disertai liburan sekolah ini kata Dodo seluruh anggota Balawista sebanyak 30 orang siaga penuh. Berjaga dan memantau aktivitas wisatawan di lima pos pantau di garis pantai sepanjang 4 km. Berikut yang melakukan patoril di pantai dengan menggunakan mobil beach patrol serta dua jetsky lalu lalang di perairan laut sekitar pantai barat untuk memberikan pertolongan cepat bila ada wisatawan yang terseret sampai agak jauh dari pantai. Penjaga pantai (lifeguard) ini juga dibantu oleh sembilan siswa SMK Kelautan Pangandaran yang sudah punya sertifikat SAR laut, serta personel TNI AL dan Satpol Air/Airud Pangandaran.

Memasuki hari kedua tahun 2011, Minggu (2/1) wisatawan masih memadati Pantai Pangandaran. “Sampai hari ini masih banyak pengunjung yang bertahan, pantai barat masih padat yang melakukan aktivitas di pesisir. Kebetulan liburan tahun baru kali bersamaan dengan liburan anak sekolah.Ya suasana liburan tahun baru masih manjang sampai seminggu lagi, sampai berakhirnya liburan sekolah” kata Dodo. (Sumber TribunJabar)







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini