Wisatawan Membludak


Wisatawan Membludak

Hari terakhir libur Lebaran, sejumlah obyek wisata di Ciamis Selatan diserbu wisatawan. Pantauan Radar, kawasan Pantai Pangandaran, pengunjung Taman Wisata Alam Pangandaran, Green Canyon, Batuhiu dan Pantai Batukaras (Cijulang) dipadati pengunjung.

Kepala UPTD Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Wilayah Pangandaran Endang Sukirna menjelaskan peningkatan jumlah pengunjung mulai dirasakan sejak Sabtu (18/9) sore.

“Dibanding empat hari kebelakang, memang hari ini (kemarin) wisatawan lebih banyak, meskipun tidak sepadat hari Sabtu dan Minggu lalu, mungkin karena libur terakhir pelajar,” tuturnya kepada Radar, kemarin.
Menurut Endang, jumlah wisatawan untuk tahun ini mengalami peningkat dibanding tahun lalu. UPTD Budpar mencatat ada sekitar 130.000 wisatawan domestik yang berkunjung selama sepakan libur Lebaran. Sementara tahun lalu sekitar 115.000.

“Kita bersyukur tahun ini tidak ada isu negatif dan kejadian yang bisa mempengaruhi wisatawan seperti gempa (Tasikmalaya) tahun lalu. Hanya saja faktor cuaca seperti hujan tiga hari lalu sempat membuat kunjungan menurun,” tuturnya.
Libur pekerja dan pegawai negeri sipil (PNS) untuk Lebaran tahun ini yang relatif lebih singkat dari tahun-tahun sebelumnya, kata dia, juga mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan. 

Jika libur pekerja dan PNS lebih panjang, Endang optimis, tingkat kunjungan wisatawan ke Panganadaran lebih tinggi lagi. “Meskipun pelajar libur tapi kalau orang tuanya masuk kerja kan tetap saja mereka nggak bisa liburan lama,” tandasnya.
Hal senada diungkapkan Kepala UPTD Budpar Wilayah Cijulang Haryono. Di tiga obyek wisata di wilayahnya (Batuhiu, Green Canyon dan Pantai Batukaras), jumlah pengunjung meningkat selama libur Lebaran.

Menurut dia, pendapatan dari Pantai Batukaras sudah melebihi target pada hari keempat setelah Lebaran. Jumlah pengunjung yang masuk ke Batukaras lebih dari 15.000 orang.Dikatakannya, keberhasilan pencapaian PAD tersebut tidak terlepas dari uapaya peningkatan sarana dan prasarana termasuk memelihara kenyamanan dan kepuasan wisatawan.
Namun, kata dia, peningkatan pengunjung saat libur Lebaran hanya terjadi pada wisatawan domestik. Sementara wisatawan asing justru mengalami penurunan. 

Dia mencontohkan di Pantai Batukaras dan Green Canyon dalam sepekan terakhir. Dua obyek wisata tersebut hanya dikunjungi 93 wisatawan mancanegara. Padahal, hari biasanya wisatawan asing bisa mencapai ratusan wisatawan setiap minggu.
“Kalau wisatawan lokal banyak, biasanya mereka (wisatawan asing) berkurang karena mereka menyukai tempat-tempat yang sepi,” tuturnya. Musim berlibur wisatawan asing juga mulai berakhir. “Ramainya wisatawan asing hanya tiga bulan Juli, Agustus, September,” beber dia.

Sumber RadarTasikmalaya







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini