Wisata Baru yang Menantang dan Mengasyikan


Wisata Baru yang Menantang dan Mengasyikan

Pangandaran,myPangandaran.com-KANGKARENG Tour Pangandaran, Sekolah Pengembangan Olahraga Air Pangandaran bersama dua wisatawan asing asal Australia dan wartawan Radar, mencoba menelusuri Sungai Pamugaran Desa Cikembulan Kecamatan Pangandaran.Selama penelusuran sungai sepanjang lima kilometer itu, tim gabungan dari komunitas pecinta wisata alam menggunakan canoe (kayak). Kegiatan tersebut bertujuan membuka jalur wisata baru di daerah Pangandaran.

Mulai pukul 07.00, tim yang berjumlah enam orang mempersiapkan peralatan mulai dari jaket pelampung, papan canoe dan dayung. Selanjutnya, tim mulai perjalanan menuju muara Sungai Pamugaran yang berjarak sekitar enam kilometer dari Ibu Kota Pangandaran. Sampai di lokasi, tim mulai menelusuri pinggiran muara sungai.

Ekpedisi dipimpin Ketua Kangkareng Tour yang juga pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia DPC Kabupaten Ciamis Jajang Nurjaman. “Saya lega melihat cuaca sangat cerah. Kami semua tidak menyia-nyiakan kesempatan baik itu. Kami langsung turun ke sungai,” ungkapnya.
Selama dua jam, tim berhasil menelusuri Sungai Pamugaran yang sangat eksotik. Dalam perjalanan melelahkan, tim menyempatkan berburu taritip (sejenis kerang) sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pengalaman menelusuri sungai begitu berkesan dan sangat mengasyikan. Seperti diutarakan Andrew (25) dan Sonya (24) wisatawan asal Australia. Menurut Sonya, suasana di sepanjang pantai sangat menarik, barisan pohon bakau, deretan bagang tradisional berbahan bambu milik warga, juga menjadi daya tarik tersendiri.Semua peralatan canoeing disediakan oleh Sekolah Pengembangan Olahraga Air (SPORA) Pangandaran. Menurut Damus, staf dari SPORA, kegiatan canoeing bisa dilakukan di sungai maupun di laut. Namun bagi pemula sebaiknya dilakukan di sungai dulu. Setelah terbiasa baru mencoba di lautan lepas.

“Canoeing di laut memang lebih menantang, namun tetap harus memperhatikan cuaca dan ada tim pengawal yang memakai perahu,” terang dia.
Sebelum ekspedisi di Sungai Pamugaran, kegiatan canoeing biasanya dilakukan di aliran Sungai Putra Pinggan. “Lokasinya bagus, namun jika musim hujan airnya keruh,” ungkapnya

Sumber: RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini