Nampaling, Tradisi Pasca Panen Raya Kembali Digelar di Kabupaten Pangandaran


Nampaling, Tradisi Pasca Panen Raya Kembali Digelar di Kabupaten Pangandaran

Pangandaran, mypangandaran.com - Festival Nampaling di Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran kembali digelar hari ini Senin, 3 Oktober 2022 setelah sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi COVID-19.

 
Festival ini diselenggarakan setiap tahunya pada bulan Oktober-September, biasanya setelah Panen Raya. Nampaling itu sendiri adalah sebuah prosesi menangkap belalang dngan alat yang bernama tampaling.
 
Belalang yang telah ditangkap dimasukan ke wadah yang bernama Toler (Kembu). Masyarakat setempat mengolah belalang hasil tangkapan tersebut menjadi berbagai macam kuliner salah satunya yaitu oseng simeut (belalang).
 
Kuliner lainnya yang disuguhkan pada festival ini adalah makanan tradisional setempat seperti tumpeng, awug, candil dan lain sebagainya.
 
Festival budaya ini juga dimeriahkanoleh pentas seni tradisional setempat seperti Seni Gondang Buhun, Elok Beluk, Ronggeng Gunung, Ronggeng Amen dan pentas senilainnya.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini