Mulai Tanggal 1 Mei 2022, Tiket Masuk Objek Wisata di Pangandaran Naik


Mulai Tanggal 1 Mei 2022, Tiket Masuk Objek Wisata di Pangandaran Naik

Pangandaran, mypangandaran.com - Mulai 1 Mei 2022 besok Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran resmi menaikkan tarif tiket sejumlah objek wisata yang ada di Pangandaran.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata kepada awak media, Jumat, 29 April 2022.

Menurut Jeje, tarif masuk ke objek wisata ini sudah dari sejak 2016 belum mengalami kenaikan. Dan kenaikan ini pun disesuaikan dengan perkembangan ekonomi saat ini.

"Tiket masuk ke objek wisata di kita ini paling murah loh, dibandingkan dengan objek wisata lainnya. Hanya dikenakan Rp 6 ribu per orang. Sekarang kita naikan Rp 9 ribu per orang, ya masih terbilang murah lah, apalagi objek wisata nya sekarang sudah ditata bagus dan rapih," katanya, seraya Jeje menambahkan, besaran kenaikan tarif berdasarkan kelasnya.

Jeje juga menyampaikan, pemerintah juga sedang menyambungkan jalur pantai, mulai dari pelabuhan Cikidang, pantai Pangandaran sampai ke pantai Madasari untuk menambah daya tarik wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Tonton Guntari, mengatakan, kenaikan tarif tiket itu dilakukan atas dasar penyesuaian. Ia menjelaskan, tarif tiket objek wisata milik Pemkab Pangandaran sudah dua 6 tahun tidak disesuaikan.

"Itu kan harusnya ditinjau setiap tiga tahun sekali. Namun sudah dua kali tiga tahun tak ada perubahan," kata Tonton.

Ia mengatakan, berdasarkan kajian dari Badan Pusat Statistik, tarif tiket objek wisata di Kabupaten Pangandaran sudah seharusnya menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan pendapatan retribusi yang akan digunakan untuk pengelolaan pariwisata di Kabupaten Pangandaran.

Menurut dia, kenaikan tarif itu masih cukup terjangkau oleh masyarakat yang ingin berwisata menikmati keindahan wisata di Kabupaten Pangandaran. 

"Kenaikan di setiap destinasi bervariasi, berkisar 30 hingga 80 persen, ini masih terjangkau dibanding di daerah lain, kami masih murah," katanya.

Ia menyampaikan kenaikan tarif itu sudah disosialisasikan, tarif tiket masuk objek wisata yang dilakukan penyesuaian yakni Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, Pantai Batukaras, Pantai Batu Hiu, dan wisata alam Green Canyon.

Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, dan Pantai Batukaras tiket masuknya menjadi Rp 10 ribu per orang, kemudian kendaraan sepeda motor dikenakan tiket Rp 20 ribu, mobil kecil Rp 60 ribu, minibus kecil Rp 95 ribu, minibus besar Rp135 ribu, bus kecil Rp 205 ribu, bus sedang Rp 295 ribu, dan bus besar Rp 515 ribu. Sedangkan Pantai Batu Hiu dikenakan tarif Rp 9 ribu per orang, kemudian sepeda motor Rp 15 ribu, mobil kecil Rp 50 ribu, minibus kecil Rp 75 ribu, minibus besar Rp 110 ribu, bus kecil Rp 170 ribu, bus sedang Rp 245 ribu, dan bus besar Rp 420 ribu. Sedangkan wisata alam Green Canyon tarif masuk menjadi Rp10 ribu per orang belum termasuk sewa perahu untuk perjalanan menyusuri sungai.(*)
 







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini