Jaga Kelestarian Permainan Tradisional, PPWP Pangandaran Gelar Adu Panggal


Jaga Kelestarian Permainan Tradisional, PPWP Pangandaran Gelar Adu Panggal
Seorang peserta tampak sedang melempar Panggal (Panggalan) pada acara Adu Panggal yang digelar PPWP Pangandaran pada Rabu (01/08) kemarin.

Paguyuban Pemandu Wisata Pangandaran ( PPWP) menggelar acara unik di Pangandaran, yaitu adu panggal, salah satu permainan tradional yang keberadaannya saat ini hampir punah. Acara yang digelar di Cagar Alam Pangandaran menarik antusiasme warga Pangandaran untuk menyaksikan secara langsung.

Acara yang juga di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran ini diikuti oleh perwakilan dari 93 Desa dan 220 sekolah di Kabupaten Pangandaran.
 
Perlombaan Adu Panggal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Panggal biasa dan Panggal kreasi. Untuk Panggal biasa teknis perlombaan nya Mencari yang paling lama bertahan hidup sedangkan untuk Panggal Kreasi, Juri mencari kelebihan dari bentuk, keseimbangan putaran, jenis bahan yang di gunakan, dan keterkaitan bentuk panggal dengan Tema kegiatan .
 
Untuk generasi sekarang sangat di sayangkan panggal sudah banyak ditinggalkan, Oleh karena itu PPWP menggelar kegiatan ini sebagai upaya pelestarian budaya tradisional agar dapat dinikmati kembali generasi sekarang. Semangat PPWP menggelar Kegiatan ini guna melestarikan budaya dan kembali memperkenalkan budaya tersebut kepada generasi sekarang.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya