Pelaku Wisata Pangandaran Workshop Pelayanan Prima


Pelaku Wisata Pangandaran Workshop Pelayanan Prima

Pangandaran,myPangandaran.com-Implementasi DMO (Dstination Managament Organization) sebagai sarana tata kelola destinasi wisata di Pangandaran 2011 terus dilakukan, seperti acara Workshop untuk pelaku wisata pada rabu kemarin di Hotel Mustika Ratu (08/05). Pelaku wisata itu sendiri merupakan perwakilan dari hotel dan restaurant yang tergabung dalam wadah Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kabupaten Ciamis.

Menurut Joe Irwan Suwarsa, panitia sekaligus pemilik hotel Mustika Ratu mengatakan bahwa acara ini diikuti oleh sekitar 60 orang perwakilan hotel dan sekitar 40 orang  perwakilan dari Restaurant. Seluruh peserta dibekali dengan bagaimana implementasi DMO guna meningkatkan pelayanan kepada wisatawan hingga mencapai nilai pelayanan prima. Selain itu juga peserta bimbingan mendapatkan sertifikat keikutsertaan. Rencananya peserta yang mendapatkan nilai terbaik akan mengikuti uji kompetensi yang akan dilaksanakan tanggal 18 mei mendatang.

Sebagai informasi, Danau Toba, Sumatera Utara dan Pangandaran, Jawa Barat menjadi uji coba program Destination Management Organization (DMO) atau organisasi tata kelola destinasi. Program tersebut dijalankan Kemenbudpar untuk meningkatkan kualitas dan daya saing destinasi pariwisata Indonesia.

Pengembangan DMO di Pangandaran awalnya merupakan bagian dari kegiatan program KEMENDBUDPAR yang bertujuan untuk memperkuat kontribusi pariwisata bagi perlindungan keanekaragaman hayati. Bentuk ini diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan destinasi yang efektif dan berkelanjutan di kawasan Pangandaran. Program KEMENDBUDPAR telah menginisiasi proses perencanaan partisipatif dalam menyusun Rencana Pengelolaan Pariwisata Pangandaran, kemudian disusul proses pembentukan komite Pengelolaan Pariwisata Pangandaran yang juga dilaksanakan secara partisipatif.

Kunci utama dari DMO di Pangandaran terletak pada konsep manajemen kolaboratif.  Konsep ini membuat para pihak yang berkepentingan untuk berbagi tidak hanya keuntungan akan tetapi juga tanggung jawab pengelolaan pariwisata sesuai dengan hak dan kapasitas masing-masing.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini