Nelayan Pangandaran Kini Jarang Melaut


Nelayan Pangandaran Kini Jarang Melaut

Pangandaran,myPangandaran.com-Sudah lama nelayan Pantai Pangandaran tidak melaut, tidak hanya karena kondisi cuaca buruk tapi juga  akibat panceklik ikan yang berkepanjangan."Sudah sejak lama nelayan Pangandaran tidak melaut, terutama karena masa panceklilik yang berkepanjangan, karena ikan sulit didapat. Beberapa hari terakhir juga karena cuaca yang cukup buruk terutama akibat ombak yang cukup besar di tengah laut," ujar Sekretaris Balawista Pangandaran, Asep kepada Tribun Kamis (13/1).

Hari Kamis (13/1) saja kata Asep, tinggi ombak di sekitar pantai barat berkisar antara 1,5 meter sampai 2 meter, sementara di tengah laut lebih tinggi lagi dan kadang-kadang disertai badai. Bahkan Kamis siang sekitar pukul 13.00 pantai Pangandaran sempat dilanda angin kencang selama satu jam lebih.

Dengan kondisi masa panceklik dan ombak yang cukup besar serta disertai angin kencang tersebut kata Asep, dari sekitar 3.000 KK nelayan Pangandaran hanya ratusan nelayan yang berani nekat melaut. "Itu pun hanya nelayan lokal yang melaut sekitar pesisir dengan menggunakan jaring eret atau jaring tarik di sisi pantai. Kalau yang melaut jauh jarang," katanya
.
Akibat sering terjadi badai di tengah laut, tidak sedikit kapal-kapal ikan nelayan Cilacap pun memilih berlindung di perairan laut Pangandaran sekitar teluk seputar Cagar Alam Pananjung baik di pantai barat maupun pantai timur.(Sumber Tribun)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini