Ratusan Awak Bus Cilacap-Pangandaran Mogok


Ratusan Awak Bus Cilacap-Pangandaran Mogok

Pangandaran,myPangandaran.com-Jalan rusak parah, seratusan awak bus jurusan Cilacap - Pengandaran Ciamis Jawa Barat melalui Sidareja menggelar aksi mogok. Awak bus dan pemilik perusahaan angkutan menuntut agar Pemkab Cilacap segera memperbaiki jalan yang rusak sebab kerusakan jalam telah mengakibatkan biaya tinggi, belum kerugian akibat rusaknya kendaraan. Aksi mogok sudah berlangsung dua hari Senin dan Selasa (11/1), menyababkan ratusan penumpang terlantar. Kondisi demikian memaksa Pemkab Cilacap untuk menerjunkan bantuan kendaraan untuk mengangkut para penumpang jurusan tersebut.

Awak bus ini memprotes buruknya kondisi jalan di jalur tersebut khususnya pada ruas Sidareja-Patimuan. Mereka kesal karena jalan rusak tak kunjung diperbaiki.

Abu Mustongin salah seorang pemilik bus mengatakan, jalan rusak diruas jalan Sidareja- Patimuan menyebabkan waktu tempuh jadi lama waktu tempuh normal satu setengah jam, tapi karena jalan rusak paling cepat dua setengah jam. Selain itu, jalan rusak juga menyebabkan busnya sering keluar masuk bengkel karena sering terperosok lubang. "Kalau memang belum ada biaya, ya ditangani darurat dulu. Jangan dibiarkan begitu saja," katanya.

Kepala Terminal Sidareja Fajar Eko Setiawan mengakui, adanya pemogokan awak dan pemilik perushaan angkutan, sejak Senin (10/1) hingga sekarang, mereka masih mogok. Alasannya karena jalan mengalami
kerusakan cukup parah terutama ruas jalan di Kecamatan Sidareja. Sebab, berdasarkan pengakuan para sopir, jalanan sudah seperti sungai kecil, terutama pada saat hujan turun,"jelas Eko.

Dijelaskan, pada hari pemogokan, banyak penumpang yang telantar, karena mereka kesulitan mendapatkan bus. Tetapi, kemarin, Pemkab Cilacap telah menerjunkan bantuan kendaraan untuk mengangkut para penumpang jurusan tersebut. Jalur setempat dilayani 14 perusahaan otobus (PO).

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Cilacap Dian Setyabudi menyatakan bahwa pemkab memang mengerahkan sejumlah kendaraan untuk mengantisipasi pemogokan yang dilakukan oleh
armada bus yang melayani trayek Cilacap-Sidareja. "Kami mengerahkan beberapa truk untuk menggantikan armada bus yang mogok. Ada lima truk yang berasal dari Dalmas Polres Cilacap, Kesbangpolinmas, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Bagian Umum Setda Cilacap. Kelima truk tersebut kami operasikan sejak pagi terutama untuk mengangkut anak-anak sekolah,"ujar Dian. (Sumber PikiranRakyat)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini