Pantai Pangandaran Sebaiknya Ditanami Cemara Udang


Pantai Pangandaran Sebaiknya Ditanami Cemara Udang

Pangandaran,myPangandaran.com-Pakar kehutanan Prof DR Ir Suhardi MSc menyarankan garis Pantai Pangandaran dan garis pantai Ciamis Selatan lainnya ditanami pohon cemara udang (Casuarina equesetifolia).

Pohon cemara udang tidak hanya membuat pantai semakin indah, sejuk, teduh tetapi juga mampu meredam abrasi dan laju tsunami.

"Berbeda dengan pohon lainnya, pohon cemara udang tidak memproduksi sampah yang banyak. Daunnya yang kecil kalaupun rontok tidak menjadi sampah yang menyusahkan. Berbeda dengan tanaman pantai yang berdaun lebar," ujar Prof Dr Ir Suhardi MSc, mantan Dirjen Kehutanan yang juga Ketua Umum DPP Gerindra saat menyampaikan ceramah di Aula Hotel Priangan Ciamis, Senin (29/11).

Pada Juli 2004, beberapa bulan sebelum terjadi tsunami besar melanda Aceh, ia sempat memberikan ceramah di Kampus Universitas Syiah Kuala Banda Aceh tentang kemampuan pohon cemara udang dalam meredam abrasi laju ombak yang besar seperti tsunami.

"Saya pada kesempatan tersebut juga menyayangkan pohon cemara udang yang semula banyak tumbuh di pantai Aceh sudah ditebangi, dirusak tanpa ada penanaman kembali. Beberapa bulan setelah saya berceramah, Aceh dilanda gempa dan tsunami besar. Tsunami yang terjadi bulan Desember tahun 2004 tersebut telah menewaskan ratusan ribu orang. Tsunami dengan leluasa menyapu segalanya terutama bangunan buatan manusia karena di pantai tidak ada pohon-pohon yang mampu meredam laju tsunami," kata Suhardi.

Pantai Pangandaran tidak jauh berbeda kondisinya dengan pantai di Aceh yakni karakter pantai yang berhadapan langsung dengan samudra luas. Kejadian pada Juli 2006 sudah membuktikan kerawanan tersebut.
Kejadian tahun 2006 itu kata Prof Suhardi ternyata tidak memberikan pelajaran yang banyak buat semua pihak.

"Setelah tsunami, Pantai Pangandaran bukannya ditanami pohon-pohon yang bisa melindung pantai dengan segala isinya. Kini justru banyak tumbuh  tenda-tenda biru PKL dan sampah-sampah berserakan. Tenda biru tidak akan melindungi  pantai malah menjadi sumber kesemerawutan dan ketidakindahan. Beda halnya bila di sepanjang sisi pantai Pangandaran, di hamparan pasir pantai ditanami pohon cemara udang. Pantai tidak hanya indah, sejuk, dan teduh tetapi juga pohon cemara udang mampu meredam abrasi akibat laju ombak maupun tsunami," ujarnya.

Sumber TribunJabar



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini