Tonton Susanto Jatuh Jelang Finish


Tonton Susanto Jatuh Jelang Finish

Pangandaran,myPangandaran.com-Pembalap yang Dibesarkan oleh Kuda Laut Pangandaran Tonton Susanto gagal menyelesaikan balapan final nomor Individual Road Race (IRR) 180 kilometer Asian Games XVI 2010. Dia terjatuh pada kilometer terakhir di Thriatlon Venue. China.

Dari Kompas diberitakan  Tonton, yang sudah berada dalam rombongan terdepan gagal mencapai garis finish akibat terluka. Pebalap yang dibesarkan Klub Kuda Laut Pangandaran itu terpaksa diangkut dengan menggunakan ambulans panitia. Balapan dramatis itu dimenangkan oleh pebalap Hongkong, Wong Kam Po (Hongkong) yang finish dengan selisih waktu sangat tipis. Wong mencatat waktu empat jam 14 menit 54,18 detik (4:14:54.18).


Perak diraih Takashi Miyazawa (Jepang) 4:14:54.33 dan perunggu diraih Zou Rongxi (China) 4:14:54.96. "Tonton terluka saat jatuh di kilometer terakhir, cedera bahunya kena lagi," kata Pelatih Tim Balap Sepeda Indonesia, Nurochman.

Pertandingan nomor IRR dengan total jarak 180 kilometer itu dilakukan dalam sembilan putaran, di mana Tonton terus berada di urutan depan. Bahkan dia terlibat saling salip dengan pimpinan lomba hingga dua pertiga lomba.  Namun memasuki kilometer terakhir saat pebalap rombongan besar melakukan sprint, terjadi insiden terjatuhnya beberapa orang pebalap, termasuk Tonton. Akibat insiden itu, as dan velg sepedanya patah, dan Tonton terjatuh.

Cedera yang dialaminya tidak memungkinkan pebalap andalan Indonesia itu melanjutkan lomba. Dia diangkut dengan ambulan untuk mendapatkan perawatan.  Beruntung, Ryan Ariehan Hilman yang berada di kiri Tonton mampu lepas dari insiden yang melibatkan sejumlah pebalap itu. Ryan pun akhirnya mampu menyelesaikan lomba meski di peringkat 23 dengan catatan waktu empat jam, 15 menit 7,76 detik.

"Ryan saat itu berada di sebelah kiri Tonton, sempat terdorong sehingga goyang, kondisi itu dimanfaatkan oleh rombongan depan untuk sprint, dan Reihan kesulitan untuk mengejar," kata Nurochman. Tim balap Sepeda Indonesia belum bisa menyumbangkan medali bagi Kontingen Merah Putih. Sehari sebelumnya, Tonton juga gagal pada ITT dan hanya menempati peringkat 12.

"Tonton dan Ryan sebenarnya bisa mengimbangi lawan pada balapan itu, namun insiden di kilometer terakhir membuat peluang gagal dimaksimalkan," kata Nurochman.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini