Aksi Vandalisme di Pangandaran Sulit Diberantas


Aksi Vandalisme di Pangandaran Sulit Diberantas

Pangandaran,myPangandaran.com-Aksi vandalisme dengan mencorat coret dinding tembok dan fasilitas umum namnpaknya sulit diberantas di Pangandaran. Meskipun dua geng motor di wilayah ini telah dibubarkan, namun aksi tangan jahil dengan cat semprot tersebut masih saja dijumpai di beberapa tempat. Bahkan kini tak hanya nama-nama geng motor yang terpangpang, melainkan nama inisial sampai nama kota. Warga menduga aksi tersebut dilakukan juga oleh wisatawan nakal.

“Sepertinya club-club motor yang datang ke Pangandaran harus diperiksa dulu sebelum masuk, mereka bawa cat semprot atau tidak, soalnya seringkali mereka juga berani melakukan aksi corat coret di Pangandaran. Meskipun hanya segelintir orang saja, saya sering memergoki mereka bahkan pernah saya rampas. Beruntung mereka berhasil kabur, nggak sampai dihakimi warga,” tutur  Adi (31) salah seorang warga kepada kami, kemarin.

Dikatakan Adi, aksi corat-coret tersebut kerap dilakukan tengah malam saat suasana sepi dari aktivitas warga. Selain mencorat coret dinding dan pagar bangunan rumah warga. Bangunan hotel serta beberapa fasilitas umum seperti rambu-rambu petunjuk jalan raya, trotoar dan tembok taman seperti dikawasan tollgate Pangandaran juga menjadi sasaran aksi mereka.

”Mereka mencorat-coret dinding di tengah malam, seringkali pagi hari begitu lihat dinding tembok bangunan kosong atau pagar hotel udah penuh tulisan,” tandas pria yang berprofesi sebagai pelukis tatto sementara itu. Ketua GIBAS Pangandaran Yana Macan menambahkan, pelaku aksi vandalisme dilakukan tidak hanya oleh geng motor, namun banyak juga pengunjung yang datang ke Pangandaran kemudian melakukan aksi vandalisme. ”Mereka berpikiran dengan menuliskan sesuatu bisa menjadi kenangan buat mereka, saya pernah menegur sekelompok anak-anak motor yang lagi corat coret, waktu saya tanya, mereka jawabnya hanya iseng saja,” ungkapnya.

Yana menyesalkan adanya aksi tangan-tangan jahil tersebut. Selain merusak keindahan obyek wisata Pangandaran, tulisan-tulisan yang tidak jelas itu juga akan mengesankan Pangandaran tak terurus. Guna mengantisipasinya, kata dia, harus ada tindakan tegas terhadap pelaku vandalisme. “Kalau ada sanksi tegas seperti plang yang dipangpang di tempat umum, setidaknya akan membuat mereka berpikir kembali untuk berbuat, kalau perlu sangsi bagi pelakunya berat sehingga mereka takut,” tandasnya (RadarTasikmalaya)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini