Balawista Pangandaran Siap Pertahankan Gelar


Balawista Pangandaran Siap Pertahankan Gelar

Pangandaran,myPangandaran.com-Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pangandaran intensif latihan untuk menghadapi kompetisi Lifeguard di Bali pada 28 Oktober mendatang. Selain menggelar latihan di pantai, kini Balawista latihan di kolam renang. “Karena waktunya semakin dekat, kami lakukan latihan lebih rutin, seminggu tiga kali,” tutur Ketua Balawista Pangandaran Dodo Taryana kemarin.

Saat kompetisi digelar di Pangandaran Juli lalu, timnya berhasil meraih juara umum. “Sejarah itu harus terukir kembali di Bali. Mudah-mudahan prestasi kita bisa menjadi motivasi bagi rekan-rekan yang akan bertanding,” tuturnya. Balawista Pangandaran akan mengirimkan enam atlet. Mereka akan bersaing dengan atlet dari Bali, Pelabuhan Ratu (Sukabumi) dan daerah lain. Rencananya, Balawista Pangandaran berangkat tanggal 24 menggunakan mobil.

Dodo mengatakan Balawista Bali merupakan lawan terberat dalam kompetisi lifeguard. “Mereka sering juara. Karena itu kami harus berusaha keras untuk mengalahkannya. Kami minta doanya, mudah-mudahan bisa membawa nama baik Pangandaran,” paparnya. Kompetisi lifeguard mempertandingkan ketahanan fisik, kecepatan dan ketepatan. Tujuannya, agar anggota Balawista makin terlatih dan memiliki kemampuan fisik yang baik, sehingga mampu memberikan pertolongan saat terjadi kecelakaan di laut.

Ada empat kompetisi lifeguard yang akan dipertandingkan nanti. Pertama, run swim run. Kompetisi ini paling bergengsi. Karena peserta diadu kekuatan dan ketahanan fisik lewat lari, berenang dan kembali lari secara estafet. Jarak tempuh lari biasanya 200 meter dan berenang 400-800 meter (tergantung panitia).

Kedua, beach sprint. Dalam kategori ini, peserta diadu kecepatan berlari sejauh 100 hingga 200 meter. Ketiga, beach flags. Dalam kompetisi ini terjadi eliminasi jumlah peserta yang berebut stik. Misalnya, lima peserta berdiri dengan posisi membelakangi stik berukuran sekitar 15 cm yang berjarak sekitar 10 hingga 15 meter.

Saat wasit meniupkan peluit, kelima peserta berbalik dan beradu cepat meraih stik yang berjumlah empat dan seterusnya hingga dua orang peserta berebut satu stik. Terakhir, board race. Yakni, balapan papan selancar berukuran besar. Dalam kompetisi ini peserta beradu cepat berenang membawa papan selancar. ( RadarTasikmalaya )







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini