BKSDA Bebaskan Hutan dari Plastik


BKSDA Bebaskan Hutan dari Plastik

Pangandaran,myPangandaran.com-Puluhan petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Organisasi Pemandu Pangauban --kelompok pemandu wisata-- membersihkan kawasan cagar alam Pangandaran kemarin. Kegiatan tersebut dilaksanakan mengingat banyak plastik yang tercecer di kawasan tersebut pasca libur Lebaran.

Kegiatan bersih-bersih yang dimulai pukul 08.00 tersebut dilakukan secara serentak di beberapa lokasi, mulai dari kawasan hutan konservasi di sepanjang Pantai Pasir Putih Pantai Barat hingga Taman Wisata Alam (TWA).
“Semua tempat aktivitas pengunjung dan di sepanjang jalan yang dilalui pengunjung, kami bersihkan dari sampah-sampah plastik,” ungkap Kepala

BKSDA wilayah Pangandaran Yana Hendrayana kepada Kami(red), kemarin.
Menurut dia, sampah plastik itu tercecer gara-gara kurangnya kesadaran segelintir pengunjung dan ulah hewan. Monyet dan rusa sering mengambil sisa-sisa makanan dari tong sampah.

Yana menjelaskan membersihkan kawasan hutan konservasi yang banyak dikunjungi wisatawan, seperti Pantai Pasir Putih, merupakan kegiatan rutin petugas BKSDA dan pemandu wisata.
“Sebagai salah satu pelaku wisata yang memang aktivitasnya di sini (TWA), tentu kami memiliki kewajiban untuk menjaga kawasan ini tetap nyaman bagi pengunjung,” tutur Asep Nurdin, ketua Organisasi Pemandu Pangauban usai melaksanakan kegiatan.

Selain membantu pengunjung saat menikmati rekreasinya, tegas dia, pemandu wisata berkewajiban menjaga kelestarian kawasan hutan. “Harapan kami hutan ini bebas dari plastik karena itu saat memandu wisatawan, kami merupaya memberikan arahan agar tidak membuang sampah sembarangan di sini (TWA),” tegasnya.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini