Longsor di Padaherang, Tiga Desa Terputus


Longsor di Padaherang, Tiga Desa Terputus

Pangandaran,myPangandaran.com-Badan jalan desa sepanjang kurang lebih 30 meter di Dusun Babakan Jaya, Desa Bojongsari, Kec. Padaherang, Ciamis, tertimpa longsor dari Bukit Babakan, Jumat (1/10) sekira pukul 11. 00 WIB. Akibatnya, hubungan warga di tiga desa terputus, karena jalan yang tertimpa longsor tersebut merupakan jalan utama desa yang menyambungkan ketiga desa.

Ketiga desa yang terputus tersebut, yakni Desa Bojongsari, Panyutran dan Sukasari. "Sekarang kami harus menggunakan jalur alternatif memutar yang jauh,” kata Ismet , Jumat (1/10).

Keterangan diperoleh , longsornya bukit Babakan tersebut diduga diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi. Selain itu, karena bukit tersebut mulai gundul karena terjadi penggarapan lahan yang kurang memperhatikan faktor alam. Akibatnya, saat hujan tinggi terjadi terus-menerus, tanah menjadi labil, bahkan kemudian menyebabkan longsor.

Ismet dan sejumlah warga lainnya mengatakan, mereka sebenarnya sudah menduga bukit di dusunnya akan longsor setelah melihat tingginya curah hujan ditambah dengan adanya penggarapan lahan. “Ternyata, dugaan kami benar,” ujar Aman, rekan Ismet ketika menyaksikan longsoran tanah.

Akibat longsor tersebut, jalan desa tertimpa bongkahan tanah dan batu sepanjang kurang lebih 30 meter, dan nyaris menghabiskan seluruh badan jalan. Saat Kami ke lokasi Jumat siang, longsoran tersebut belum dievakuai. Informasi diterima menyebutkan, warga dan aparat desa baru membereskan longsoran pada Jumat sore, setelah ada bantuan alat berat dari Pemkab Ciamis.

Sumber PR



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini