Sungai Cikidang Dangkal


Sungai Cikidang Dangkal

Pangandaran,myPangandaran.com-Ratusan nelayan Pantai Timur di Dusun Parapat Desa Pangandaran dan Desa Babakan Kecamatan Pangandaran mengaku kesulitan menambatkan perahunya. Sungai Cikidang yang saat ini digunakan ratusan nelayan untuk menambatkan perahu, semakin dangkal.
Saefudin (47), salah seorang nelayan setempat, menuturkan hampir setiap hari ratusan nelayan harus antre untuk melintasi Sungai Cikidang terutama di waktu pagi. “Kalau berangkat melaut, dari jam empat mulai antre.

Kita enggak bisa cepat-cepat keluar muara, soalnya dangkal, bahaya bisa-bisa nanti perahu jebol kena batu di bawah sungai,” tuturnya.
Dikatakannya, pendangkalan paling paling terjadi di muara sungai. Jika air sedang surut, nelayan harus mendorong perahunya. Lebar air sungai menyusut hanya tinggal empat meter. “Kalau surut, sungai hanya bisa dilalui satu perahu.

Itu pun terkadang harus didorong,” terangnya.Informasi dihimpun Radar, sejak dibangunnya tanggul penahan abrasi di Pantai Timur, jumlah perahu yang berlabuh di Sungai Cikidang bertambah banyak. Tidak diketahui secara pasti berapa jumlah perahu di sungai itu. Namun menurut penuturan beberapa warga, jumlahnya lebih dari 500 unit.

“Dulu nelayan menyimpan perahu di sepanjang Pantai Timur. Sekarang sudah enggak bisa. Otomatis mereka pada pindah ke sini (Sungai Cikidang) sama pindah ke Cagar Alam,” tutur Aep (37), nelayan asal Dusun Parapat.
Nelayan di kawasan Pantai Timur berharap pembangunan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang segera selesai. “Kalau bisa pembangunan PPI mendahulukan dulu bagian mulut pelabuhan sehingga kami bisa menyimpan perahu. Setelah itu baru fasilitas di darat seperti jalan pelabuhan,” ujarnya.

Sumber Radartasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini