350 Foto Abadikan Pangandaran


350 Foto Abadikan Pangandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-Antusias warga Pangandaran untuk mengikuti lomba foto cukup besar. Terbukti, panitia Lomba Foto Pariwisata dan Sadar Wisata Pangandaran 2010 menerima 350 foto hasil karya peserta.Ratusan foto tersebut dipamerkan di Restoran Holiday Jalan Bulak Laut Pangandaran sejak hari Minggu (8/8). Kemarin acara lomba ditutup dengan pengumuman para pemenang.

Lomba foto yang bertema sampaikan pesan, kesan, cita, cipta dan karya masyarakat Pangandaran melalui dokumentasi foto kali pertama diselenggarakan Organisasi Pemotret Wisata Pangandaran (OPWP).Kegiatan yang dikonsep Javakari Event Organizer itu didukung beberapa stakeholder dan sponsor. Antara lain Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar), Organisasi Perahu Pesiar Pangandaran (OP3), Radar Tasikmalaya, Telkomsel, Raflesia Foto, beberapa hotel dan restoran di Pangandaran.

Wakil Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin yang berkesempatan melihat pameran foto tersebut memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan lomba foto di Pangandaran. Menurutnya, banyak informasi dan pesan yang bisa disampai melalui foto. Karena itu diharapkan pameran foto juga mampu menarik minat pengunjung.

“Saya lihat foto-fotonya sangat bagus. Bahkan foto pemandangan, misalnya, saya lihat malah lebih indah di foto. Juga banyak hal menarik yang bisa diinformasikan,” ungkapnya. Ketua Panitia Lomba yang juga Ketua OPWP Sariman didampingi pembuat konsep dari Javacari Pangandaran Event Organizer Rully mengatakan penyelenggaraan lomba foto diharapkan menjadi salah satu ajang untuk mempertunjukan dan menyebarluaskan segala bentuk informasi melalui foto.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan minat dan bakat dalam fotografi. “Kita sengaja membuat tema yang cakupannya cukup luas, dengan tujuan memberikan kebebasan dan keleluasaan kepada peserta dalam mengambil sudut pandang,” tuturnya.
Pimpinan Telkomsel Sub Branch Pangandaran Purnama menyatakan sangat mendukung lomba foto. “Aalagi kegiatan ini menyangkut pengembangan pariwisata,” ungkapnya.

Untuk menilai hasil karya, panitia menunjuk tiga orang juri dari kalangan berbeda. Antara lain Hendra Gunawan (Kabid Objek Daya Tarik Wisata Disbudpar Kabupaten Ciamis mewakili pemerintah), Budi Nugroho (Sanggar Seni dan Budaya Pangandaran mewakili pelaku wisata) dan Nana Suryana (Radar Tasikmalaya mewakili media). Setelah melalui seleksi dan penilaian yang cukup panjang, dewan juri memutuskan empat peserta yang berhak mendapatkan trofi, piagam penghargaan  dan tiga buah handphone berkamera.

Salah seorang juri Hendra Gunawan mengatakan penilaian foto dikelompokan menjadi empat kategori, yaitu kegiatan pariwisata, kegiatan sadar wisata, aktivitas budaya dan masyarakat serta foto lingkungan atau pemandangan. Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan tema yang telah ditentukan panitia. “Kami mencoba menilai seobjektif mungkin dengan mempertimbangkan sisi fotografi dan isi pesan dalam foto,” ungkapnya.

Pemenang Lomba Foto Pariwisata dan Sadar Wisata Pangandaran 2010

Juara I     Uus Rusmana (Fotografer Wisata Pangandaran)
Juara II    Wildan Sandhy (Mahasiswa)
Juara III   Bebeng (Fotografer Wisata Pangandaran)
Juara IV   Dede ( Fotografer Wisata Pangandaran)

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini