Bantuan Gempa Baru Dicairkan


Bantuan Gempa Baru Dicairkan

Pangandaran,myPangandaran.com-Bantuan gempa yang sejak lama dinantikan warga Kecamatan Pangandaran cair kemarin. Sebanyak 77 KK yang rumahnya masuk dalam kategori rusak sedang menerima dana rehab dan rekonstruksi yang disalurkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis.

Bertempat di kantor Kecamatan Pangandaran, puluhan warga mengantre dengan sabar untuk mendapatkan bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat tersebut.Data hasil verifikasi BPBD Kabupaten Ciamis, 77 KK di Kecamatan Pangandaran berhak mendapat bantuan dana rehabilitasi dan rekonstruksi. Masing-masing KK menerima Rp 10 juta, ditambah jatah hidup sesuai jumlah anggota keluarga. Sementara total bantuan yang disalurkan mencapai Rp 821,68 juta.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Konstruksi BPBD Kabupaten Ciamis Ahmad menjelaskan pencairan dana bantuan ini baru untuk kategori rumah rusak sedang. Sementara untuk kategori rusak berat dan rusak ringan belum bisa disalurkan karena masih dalam proses verifikasi. Dikatakannya, pencairan tahap kedua akan dilakukan tahun ini. “Yang jelas tahun ini penyaluran bantuan tahap kedua akan dilakukan. Saat ini masih ada lagi 11 kecamatan yang belum tersalurkan,” ungkapnya.

Untuk menghindari pemotongan, BPBD menyerahan langsung dana rehab dan rekonstruksi kepada penerima bantuan. Pokmas hanya mencairkan uang dari rekening bank di kantor kecamatan. Penyerahan bantuan disaksikan langsung petugas BPBD. “Prosedurnya kami tempuh sebaik mungkin agar tidak menimbulkan permasalahan,” ntuturnya.

Ahmad berharap warga yang belum menerima bantuan untuk bersabar mengingat masih ada verifikasi. Sementara itu, untuk para penerima bantuan, Ahmad mengimbau agar segera melakukan perbaikan rumahnya. “Kami harap warga secepatnya membuat laporan pertanggungjawaban, kami memberikan batas waktu sampai dua bulan,” unngkap dia.

Ditemui seusai menerima bantuan, Sunarto (71) warga RT 01/10 Desa Babakan mengaku sangat gembira bisa menerima uang untuk merehab kembali rumahnya yang rusak akibat gempa Tasikmalaya September tahun lalu. “Alhamdulillah Aki (Sunarto menyebut dirinya) bisa perbaiki rumah Aki yang rusak. Terima kasih buat pemerintah,” ungkapnya lelaki paruh baya yang mengaku sejak pukul 07.00 menunggu di kantor kecamatan itu.

Rosim, ketua Pokmas Desa Babakan mengaku lega bisa menyaksikan penyaluran bantuan. “Mudah-mudahan bisa bermanfaat, kami hanya membatu memfasilitasi, tidak memotong sedikit pun dana bantuan itu, karena kami tidak berhak,” tuturnya.

Sumber RadarTasikmalaya

Lihat Galeri Selengkapnya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini