Tabung Gas Bantuan Dijual


Tabung Gas Bantuan Dijual

Pangandaran,myPangandaran.com-Banyaknya tabung gas berukuran 3 kilogram yang meledak membuat sebagian warga Ciamis Selatan waswas. Tak heran itu, sebagian warga kini memilih menjual kembali tabung gas pemberian pemeritah itu. Untuk keperluan memasak, mereka memilih menggunakan tungku.Euis (36), warga Dusun Kamurang Desa Babakan Kecamatan Pangandaran mengaku takut menggunakan kompor gas setelah banyak kejadian tabung gas meledak. “Jujur saja saya takut, mendingan pakai hawu (tungku) saja, lebih aman,” tutur dia kemarin.

Dia menambahkan saat ini tabung gas tiga kilogram yang didapatkannya dari program konversi minyak tanah tak lagi digunakan. Sekarang, perempuan yang hidup sendiri, itu menggunakan kayu bakar. Untuk mendapatkan kayu bakar, selain mencari sendiri di sekitar rumahnya, Euis membeli seharga Rp 5.000 per ikat. “Kalau nggak ada ranting ya terpaksa beli,” tuturnya. Hingga saat ini, lanjutnya, di Pangandaran masih banyak yang jual kayu bakar.

Walaupun memasak dengan tungku lebih tenang, namun cukup merepotkan. Selain membutuhkan waktu untuk menyalakannya, asap dari tungku membuat dinding rumah menjadi kotor.Hal serupa juga dilakukan Enjum (29), warga Desa Cibanten Kecamatan Cijulang. Saat ini ia lebih memilih menggunakan tungku, bahkan kompor dan tabung gas 3 Kg miliknya dijual seharga seratus ribu rupiah ke tetangganya. “Habis nggak dipakai, daripada rusak mendingan saya jual,” tuturnya.

Banyaknya warga yang beralih ke tungku menguntungkan para penjual kayu bakar. Seperti Ujang, salah seorang warga Desa Putra Pinggan, saat ini ia menjual 10 hingga 15 ikat kayu bakar dalam sehari. Sebelumnya, ia hanya menjual rata-rata 5 ikat sehari.

Sumber PikiranRakyat



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini