Pasar Pangandaran Butuh Penataan


Pasar Pangandaran Butuh Penataan

Pangandaran,myPangandaran.com-Pasar Pangandaran di Desa Pananjung, tepatnya di samping terminal bus, satu-satunya pasar tradisional milik Pemkab Ciamis di kawasan objek wisata Pangandaran. Pasar tersebut dimanfaatkan warga lokal juga kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, beberapa pihak menyayangkan kondisi pasar yang tampak kurang penataan.

Seperti diungkapkan Cicih (42), warga Dusun Parapat usai belanja kemarin. Kata dia, sebagian besar jalan di kawasan pasar rusak (berlubang). Akibatnya, jika musim hujan kawasan pasar menjadi becek dan banyak ditemui genangan air.Banyaknya lapak pedagang kaki lima juga membuat kawasan pasar tampak sempit dan semrawut. “Seharusnya pasar diperluas lagi karena pedagangnya banyak,” saran dia.

Informasi yang dihimpun dari para pedagang, diperkirakan jumlah lapak pedagang kaki lima di Pasar Pangandaran melebihi kios permanen yaitu sekitar 500 unit. Sehingga, jumlah pedagang seluruhnya diperkirakan mencapai seribu lebih.Abdul Fatah, salah seorang pedagang asal Dusun Karang Salam Desa Pananjung mengatakan, saat ini yang dibutuhkan warga pasar yaitu penataan secara menyeluruh. “Pasar ini terakhir direhab tahun 1994. Jadi memang sudah waktunya direhab kembali,” terang dia.

Dia mengakui jika musim hujan di depan kios miliknya kerap kali digenangi air. Bahkan, jika hujan lebat, air mencapai mata kaki orang dewasa. Itu terjadi karena tidak adanya saluran air.Sementara mengenai lapak PKL, kata dia, saat ini belum dikelompokan menurut barang dagangannya. Sehingga, pedagang sayuran, misalnya, tersebar hampir di seluruh blok pasar.

Menurut dia, diperlukan penambahan lahan untuk menampung ratusan PKL yang saat ini berderet di depan kios-kios. “Kami mengharapkan pasar segera direnovasi agar semua pedagang bisa tertampung dan menempati tempat yang nyaman. Walaupun tradisional, tapi kan tempatnya harus nyaman,” tandasnya. Sementara itu, Ketua Himpunan Pedagang Pasar Pangandaran (HP2P) H Supratman mengatakan pihaknya saat ini mengajukan proposal mengenai konsep penataan Pasar Pangandaran ke Pemkab Ciamis.

Jika konsep yang diajukan dipenuhi, jelas dia, kawasan pasar akan tertata dengan baik. “Ke depan Pasar Pangandaran diharapkan menjadi pasar tradisional dengan konsep penataan pasar modern,” tutur pria yang juga ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran itu.
Ditemui saat memandu wisatawan asing, Jajang, salah seorang pelaku wisata mengatakan saat ini Pasar Pangandaran menjadi salah satu lokasi wisata tur bagi wisatawan asing. Karena itu dibutuhkan penataan yang lebih baik agar pasar tersebut menarik untuk dikunjungi.

“Penataan bukan berarti mengubah pasar seutuhnya, namun menata agar kawasan pasar nyaman dikunjungi, bersih dan tidak semrawut. Yang penting kesan pasar tradisionalnya tetap dipertahankan,” tuturnya. Menurutnya, wisatawan asing sangat tertarik mengunjungi pasar tradisional, bahkan kerap melakukan transaksi jika menemukan makanan maupun barang yang disukainya.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini