Layangan Ondel-Ondel Juara Pertama


Layangan Ondel-Ondel Juara Pertama

Pangandaran,myPangandaran.com-West Java Kite Festival 2010  di Lapangan Katapang Doyong, Pantai Timur Pangandaran, Ciamis, Sabtu (10/7) dan Minggu (11/7) melahirkan layangan “Ondel-Ondel” menjadi juara pertama. Layangan  juara pertama untuk kategori 2 dimensi  ini berasal dari tim Legong Club Jakarta. Sedangkan juara pertama kategori 3 dimensi ditempati Klub Budi Utomo dari Cilacap dengan nama layangan “Samber Nyowo”, dan kategori tradisional diberikan kepada tim Tulung Agung dengan nama layangan “Babon Angrem”. 

Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Jabar, Drs H Dani Herdiana MSi mengatakan, semua peserta festival berasal dari dalam negeri. Peserta dari luar negeri hanya pastisipan saja yang antara lain ada dari Amerika Serikat, Johor Malaysia, dan Thailand. “Untuk peserta dari mancanegara sendiri merupakan tim partisipan yang turut meramaikan festival layang-layang kali ini. Semoga tahun depan kita bisa banyak mengundang negara-negara lain,” jelas Dani di Kantor Disparbud Jabar LLRE Martadinata, Selasa (13/7).        

Selain itu, festival juga memilih juara-juara favorit, yakni juara favorit direbut tim Legong dari Jakarta dengan nama layangan “Becak”. Sementara kategori Stunt Kite/Sport ditempati Klub Meruya dari Jakarta dengan nama layangan “Jalal”. Kategori Train Kite direbut Klub ST Ayu dari Surabaya “Naga Gaul”. Kategori Balon diberikan kepada tim MLI Jakarta “Ikan Koi”. Kategori Tradisional Lokal ditempati tim dari Parapat dengan nama layangan “Pesawat”. 

Kepala Disparbud Jabar Ir H Herdiwan MM menambahkan festival kali ini diikuti oleh peserta dari dalam dan luar negeri. Dari Indonesia sendiri diikuti oleh Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Sementara dari mancanegara yaitu Amerika Serikat, Johor Malaysia, dan Thailand.

Herdiwan mengharapkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pangandaran mengalami peningakatan setiap tahunnya. Tahun 2009 lalu jumlah wisatawan mencapai 38 ribu orang, sehingga diharapkan tahun 2010 ini bisa lebih banyak dari tahun 2009.

Sumber Tribun



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini