Festival Layang-layang Pangandaran Kurang Greget


Festival Layang-layang Pangandaran Kurang Greget

Pangandaran,myPangandaran.com-Festival Layang-layang Jawa Barat yang diselenggarakan dua hari sejak Sabtu (10/7) hingga Minggu (11/7) di Pangandaran, Ciamis, dirasakan kurang greget dan wah oleh wisatawan yang sengaja datang ke Pangandaran. Mereka bahkan mengaku berada di lokasi festival, namun tidak merasakan suasana festival.

"Hambar, hambar sekali festival kali ini. Penyelenggaraannya, jauh dengan penyelenggarakan festival tahun-tahun sebelumnya," kata Arman (54), wisatawan asal Bogor yang datang bersama keluarganya khusus untuk melihat aneka layang-layang di langit Pangandaran.

Menurut Arman yang mengaku menyukai layang-layang itu, kurang gregetnya festival kali ini terlihat dari sedikitnya negara yang ikut festival. Peserta dari dalam negeri pun, menurut Arman, tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. "Jangan heran jika penonton pun seperti tidak antusias," ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang berkesempatan membuka festival, mengakui bahwa pelaksanaan festival layang-layang kali ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kondisi itu, kata dia, harus diubah agar pada pelaksanaan festival tahun-tahun yang akan datang lebih meriah lagi.

"Kita berkomitmen untuk mendatangkan peserta dari luar negeri sebanyak-banyaknya. Bila sekarang hanya dihadiri lima negara, tahun depan harus sebanyak 25 negara," kata Heryawan di hadapan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jabar Drs. H. Herdiwan, Bupati Ciamis Engkon Komara, Wakil Bupati Ciamis Iing Syam Arifin dan perwakilan sebuah perusahaan seluler tersebut.

Menurut Heryawan, tahun depan yang terselenggara hendaknya jangan hanya festival layang-layang saja, tetapi juga atraksi lain. Tahun depan harus ada inovasi. Pemerintah, kata dia, insya Allah akan memberikan dukungan anggaran yang memadai agar bisa lebih banyak mendatangkan wisatawan. "Kami juga berkomitmen, keramaiannya nanti diharapkan bisa 20 kali lipat dari sekarang," kata Heryawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jabar Drs. Herdiwan, mengatakan bahwa "West Java Kite Festival" tahun 2010 kali ini, masuk ke penyelenggaran ke 15. Penyelenggarannya diharapkan bisa menyedot wisatawan yang banyak seperti tahun-tahun sebelumnya seperti tahun 2009 yang bisa menyedot pengunjung sekira 35 ribu orang.

Ia menjelaskan, festival kali ini hanya diikuti lima negara asing saja yakni dari Amerika Serikat, Malaysia, Italia, Australia dan Thailand. "Sementara peserta dari dalam negeri berasal dari 7 provinsi yakni Jabar, DKI, Banten, DIY, Jateng, Jatim dan Bali, dengan kontingen seluruhnya sebanyak 30 kontingen," kata dia.

Bupati Ciamis Engkon Komara dalam kesempatan itu mengatakan bahwa selama lima belas kali penyelengaraannya, festival mengalami pasang surut. Patut disyukuri, walau mengalami pasang surut, festival tetap bisa terselenggara.

Sumber PikiranRakyat



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini