Ratusan Petani Terancam Gagal Tanam


Ratusan Petani Terancam Gagal Tanam

Padaherang, myPangandaran.com - Ratusan petani di Kecamatan Kalipucang dan Padaherang terancam gagal tanam. Pasalnya puluhan hektar sawah mereka mulai digenangi air setinggi lutut orang dewasa. Genangan itu terjadi akibat tanggul jebol dan Sungai Citanduy meluap.

Anyo (32), petani asal Ciganjeng mengatakan saat ini di daerahnya sebagian warga mulai menanam padi. “Saya juga sudah tandur (menanam padi) seminggu yang lalu. Lihat kondisi air seperti sekarang, saya cuma pasrah,” ungkapnya.

Kekhawatiran juga dirasakan puluhan petani yang akan menanam padi. Sawah mereka kini digenangi air. “Rencananya minggu sekarang saya mau tandur, tapi keburu banjir, nggak tahu kapan saya bisa nanam padi. Paling tunggu sampai airnya surut dulu,” ungkap Ujang (39), petani asal Tunggilis.

Informasi yang dihimpun , tergenangnya ratusan hektar sawah di Kecamatan Kalipucang akibat tanggul-tanggul di sepanjang aliran Sungai Citanduy rendah. Jika aliran sungai meluap, tanggul tersebut tak mampu menampung volume air.

Terlebih lagi tanggul di beberapa daerah jebol akibat tekanan air terlalu tinggi. Seperti tanggul kawasan Kedung Palungpung yang jebol dua bulan lalu yang hingga kini belum diperbaiki.Warga berharap pemerintah melalui instansi terkait segera memperbaiki tanggul yang menjadi sumber petaka bagi ratusan petani di dua kecamatan tersebut.

“Kondisi seperti ini sudah kami rasakan bertahun-tahun, kami memang berusaha memperbaiki sendiri jika ada tanggul yang jebol, namun tenaga dan kemampuan kami terbatas,” kata Ujang lagi

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini