Jembatan Cimulih Memprihatinkan


Jembatan Cimulih Memprihatinkan

Pangandaran,myPangandaran.com-Kondisi jembatan Cimulih di Kampung Parakan Dusun Pasuruan Desa Pager Gunung Kecamatan Pangandaran semakin mengkhawatirkan. Konstruksi jembatan yang hanya kayu balok makin lapuk. Sebagian kawat penyangga jembatan tersebut putus.

Kepala Dusun Pasuruan Sarpin mengatakan harapan warga untuk memiliki jembatan yang memadai telah beberapa kali disampaikan ke pemerintah. “Usaha terus kita lakukan, seperti dalam setiap musrenbang kecamatan, namun sampai saat ini belum ada hasil,” ungkapnya.

Sejak dulu, lanjut dia, pembangunan jembatan Cimulih dilakukan secara swadaya. “Warga di sini membangun jembatan karena memang keberadaannya sangat dibutuhan. Jembatan ini akses ratusan warga Pasuruan menuju daerah lain, termasuk jalan menuju Desa Pager Gunung dan Pangandaran,” ungkapnya.

Sampai saat ini, tambah dia, jembatan tersebut hanya bisa dilalui sepeda motor. Itu pun harus ektra hati-hati karena kayu mulai rusak. Konstruksinya miring sangat menyulitkan pengendara roda dua.

Kata Sarpin, Dusun Pasuruan merupakan penghasil kelapa dan gula. “Ratusan warga di sini berprofesi sebagai petani gula kelapa. Di sini juga merupakan daerah penghasil kayu. Karena itu keberadaan jembatan sangat diharapkan,” katanya.

“Sampai saat ini warga hanya bisa mengangkut hasil pertanian dengan sepeda motor. Kalau pun ada mobil hanya (Toyota, red) Hartop saja yang bisa masuk. Itu pun lewat sungai, kalau nggak musim hujan,” ungkapnya.

Kepala Desa Pager Gunung  Suherman membenarkan kondisi tersebut. Menurut dia, saat ini warga sangat membutuhkan jembatan. Pengajuan untuk perbaikan sudah dilakukan dan kini sedang menunggu realisasi.

“Saya kira tidak harus miliaran seperti pembangunan jembatan di daerah lain. Warga di sini siap bekerja sama dengan pemerintah, jika dana dari pemerintah dirasa kurang. Warga siap membantu secara swadaya,” tegasnya

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini