Bandara Nusawiru Belum steril


Bandara Nusawiru Belum steril

Cijulang, myPangandaran.com - Petugas bandara Nusawiru di Kecamatan Cijulang harus bekerja ektra guna mengamankan landasan bandara saat pesawat take off maupun landing.  Pasalnya, saat ini landasan Nusawiru belum steril dari aktivitas warga yang hilir mudik di lintasan lokasi pesawat.

Menurut  Penanggung Jawab Operasional Bandara Nusawiru Hendra Gunawan, petugas harus membunyikan sirine berkali-kali untuk memperingati warga. “Biasanya lima belas menit sebelum pesawat take off maupun landing, kami memberitahu warga lewat pengeras suara, kemudian membunyikan sirine,” ungkapnya.

Namun, kata Hendra, terkadang masih ada saja warga yang nekad melintas di lintasan. “Walaupun belum pernah ada insiden kecelakaan, namun kami sangat khawatir,” keluh dia. 
Peringatan saat ini, lanjut dia, tidak hanya melalui pengeras suara dan sirine saja, mobil patroli pun diterjunkan. “Kami tugaskan berkeliling di lintasan untuk menjaga landasan steril dari aktivitas warga,” ungkapnya.

Menurut dia, seharusnya kawasan bandara terletak jauh dari pemukiman warga. Namun kondisi di bandara Nusawiru saat ini sangat dekat dengan pemukiman warga. “Kondisi ini memang merepotkan kami sebagai petugas, namun kami juga maklumi dikarenakan di Semarang bandara terdapat pemukiman warga, sedangkan untuk akses keluar tidak ada jalan lagi selain lewat sini (kawasan bandara, red),” tuturnya.

Memang, lanjut Hendra, saat ini aktivitas bandara belum ramai. Hanya pesawat Susi Air saja yang beroperasi. “Namun jika kondisi tersebut dibiarkan, dikhawatirkan ke depan akan menjadi masalah besar,” jelasnya.

Asep (34), warga setempat mengatakan, seringnya warga melintas di kawasan bandara dikarenakan tidak ada akses jalan lain. “Kami terpaksa kang lewat jalan sana. Yang penting hati-hati aja. Kalau ada sirine ya sabar aja dulu, jangan maksain melintas,” ungkapnya.
Dikatakan Asep, warga berharap ada akses jalan yang layak disamping bandara agar tidak mengganggu aktivitas penerbangan.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini