Bagang Terus Bertambah


Bagang Terus Bertambah

Pangandaran,myPangandaran.com-Dampak keberadaan 49 bagang (tempat menangkap ikan di tengah laut) di perairan cagar alam timur mulai dirasakan nelayan di Pangandaran. Nelayan mengaku hasil tangkapannya terus menurun dan harus menangkap ikan di lokasi yang jauh.

Informasi yang dihimpun  dari nelayan menyebutkan, bagang-bagang tersebut beroperasi di wilayah terumbu karang atau tempat ikan berkembang biak. Dan, penggunaan jaring bagang yang sangat rapat membuat ikan-ikan kecil itu tertangkap.

Akibatnya, saat ini nelayan sulit mendapatkan ikan besar di perairan dangkal. “Sekarang jarang ada ikan gede di sini (sambil menunjuk ke perairan dangkal). Ikan belum gede sudah pada ditangkapin,” ungkap Yanto, nelayan asal Babakan.Sementara Kepala UPTD Kelautan dan Perikanan Pangandaran Nata Sudirman mengatakan pemerintah sudah melarang bagang tersebut beroperasi. Malah sempat dilakukan musyawarah dengan para pemilik bagang.

“Kami dulu sempat menawarkan kepada mereka (pemilik bagang) untuk mengganti bagang dengan sistem jaring apung. Namun belum ada respon yang baik. Karena usaha jaring apung tidak bisa langsung menghasilkan, membutuhkan waktu lama,” paparnya.
Sampai saat ini, lanjut dia, negosiasi dengan para pemilik bagang belum mendapatkan hasil yang terbaik. “Mereka memang bersedia dibongkar dengan catatan pemerintah mengganti semua biaya pembuatan bagang. Menurut mereka satu bagang mencapai 35 juta rupiah. Itu kan jumlah yang tidak sedikit,” ungkapnya.

Dia berharap permasalahan ini disikapi dengan bijak. “Menjaga kelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Toh, nantinya kita juga yang merasakan,” tuturnya.Asep, salah seorang nelayan bagang mengatakan, dirinya menggantungkan hidupnya dari usaha tersebut. Tapi, kalau harus dibongkar dirinya berharap pemerintah mau mengganti semua biaya pembuatan bagang termasuk bantuan perahu agar bisa melaut.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini