Jalan ke TPA Diblokir


Jalan ke TPA Diblokir

Pangandaran,myPangandaran.com-Warga Dusun Karang Anyar Desa Purbahayu Kecamatan Pangandaran, kemarin, memblokir jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Patok dan tulisan “mobil dilarang melintas kecuali bawa batu, A/N masyarakat” pun menghadang mobil Dinas Cipta Karya yang setiap hari mengangkut sampah menuju TPA.

Ketua RT 05/03 Dusun Karang Anyar Poniran menuturkan aksi pemblokiran tersebut merupakan buntut kekecewaan warga karena jalan yang semakin rusak dan tidak kunjung diperbaiki. Padahal, jalan tersebut merupakan akses menuju TPA. “Jalan di sini bukan rusak tapi sudah hancur,” ungkapnya.

Dikatakannya, jalan sepanjang 7 kilometer menuju TPA pertama kali diaspal pada tahun 2000. Hingga saat ini jalan tersebut belum pernah diperbaiki. Padahal, sambung Poniran, setiap hari melintas mobil Dinas Cipta Karya yang mengangkut sampah.Sementara salah seorang sopir truk pengangkut sampah, Tunut mengaku kerap terkena omelan warga setempat. “Saya sering kena marah, malahan pernah bilang ke saya suruh ngurug pakai sampah,” ujarnya.

Saat dihubungi melalui telepon, Kepala UPTD Dinas Cipta Karya Aan Kusnaedi menyatakan telah berkoordinasi dengan UPTD Bina Marga dan kecamatan. “Kami tadi langsung meninjau ke lapangan dan bertemu dengan masyarakat. Kami sepakat untuk sementara akan melakukan pengurugan dengan batu,” ungkapnya.

Aan mengatakan Dinas Cipta Karya akan mengupayakan agar jalan tersebut bisa digunakan kembali. “Jika jalan ini tidak dapat dilalui, kami tidak bisa membuang sampah. Bisa dibayangkan jika sehari saja kami tidak membuahnya. Sampah Pangandaran bisa menggunung,” ungkapnya.
Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya akan mengeluarkan dana talangan untuk melakukan proses pengurugan. “Warga menuntut jalan ini segera diaspal. Sebenarnya kami juga mengharapkan demikian karena menyangkut kelancaran pembuangan sampah. Namun itu kewenangan Bina Marga, kebetulan tadi juga Pak Engkos (Kepala UPTD Bina Marga) ikut ke sana. Beliau juga akan berkoordinasi dengan pusat,” tutur Aan

Sumber: RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini