Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah di Pangandaran


Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah  di Pangandaran

Bencana Alam yang sedang terjadi di Pangandaran hari ini (07/10) ternyata dibarengi dengan beredarnya beberapa foto bohong (hoax) di sosial media dan aplikasi messaging Whatsapp. Beredarnya foto ini tentu sangat disayangkan oleh warga Pangandaran khususnya.

Sebagai informasi, beberapa daerah di Pangandaran mengalami banjir dengan beragam kedalaman, hal ini terjadi karena hujan yang mengguyur semalaman di Pangandaran, selain itu hujan dengan beragam intensitas juga turun dalam kurun seminggu terakhir ditambah air pasang laut karena bertepatan dengan bulan purnama. Sementara untuk daerah yang longsor terjadi di Daerah Kalijati Kecamatan Sidamulih, bagian utara Kabupaten Pangandaran dan lokasinya cukup jauh dari Pantai Pangandaran dengan kontur tanah yang berbukit.

Beberapa objek wisata juga mengalami penutupan sementara karena debit air yang tinggi, namun biasanya akan dibuka kembali dalam beberapa hari kedepan setelah debit air normal kembali atau aman untuk melakukan aktifitas air seperti di Citumang, Green Canyon dan Santirah.

Sayangnya, informasi bencana yang terjadi di Pangandaran tersebar di media sosial dibarengi dengan beberapa foto bohong atau hoax yang menggambarkan banjir dan longsor dahsyat, padahal bukan di Pangandaran. Pantauan myPangandaran ada 2 buah foto yang diikut sertakan dalam informasi viral tersebut.
Photo Banjir Srilangka tahun 2007 yang menjadi Hoax dan diberitakan Banjir Pangandaran


Photo longsor dari Google yang diberitakan longsor di Pangandaran, padahal di Pangandaran tidak ada daerah ini.

Sampai berita ini diturunkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus berupaya melakukan pertolongan di beberapa titik. dan sampai saat ini tidak ada himbauan dari Pemerintah daerah untuk melarang wisatawan berkunjung ke Pangandaran karena sejumlah destinasi wisata aman untuk dikunjungi.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Pangandaran Berduka, Istri Wakil Bupati Pangandaran Meninggal Dunia

Pangandaran Berduka, Istri Wakil Bupati Pangandaran Meninggal Dunia


Rabu, 14 Februari 2018 14:26 WIB
Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiuun, Pangandaran sedang berduka, Istri Wakil Bupati Pangandaran Hj. Edah Surtinah meninggal dunia pada Rabu (14/2) pukul 11.00 WIB. Bendera setengah tiangpun dikibarkan oleh masyarakat Pangandaran.
Alhamdulillah, Hari Ini Jembatan Ciputrapinggan Baru Sudah Bisa Dilewati

Alhamdulillah, Hari Ini Jembatan Ciputrapinggan Baru Sudah Bisa Dilewati


Kamis, 11 Januari 2018 10:23 WIB
Hari ini Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran yang baru selesai pembangunannya bisa dilewati, jembatan yang sempat roboh pada akhir tahun 2016 lalu kini sudah bisa bisa dilewati seluruh jenis kendaraan, walaupun ada beberapa pekerjaan minor namun terlihat mulus dan lancar.
Lebih Lebar, Jembatan Baru Ciputrapinggan Siap Dilewati Senin Besok

Lebih Lebar, Jembatan Baru Ciputrapinggan Siap Dilewati Senin Besok


Kamis, 04 Januari 2018 20:37 WIB
​Setelah setahun lebih menggunanakan jembatan bailey sebagai pengganti jembatan putrapinggan yang ambruk pada 9 oktober 2016, akhirnya jembatan permanen yang baru pengganti jembatan yang lama akan dapat di gunakan pada hari senin 8 januari 2018.
Cegah HOAX, Pemda Pangandaran Luncurkan Website Pangandaran Actual Disaster Information

Cegah HOAX, Pemda Pangandaran Luncurkan Website Pangandaran Actual Disaster Information


Rabu, 03 Januari 2018 11:51 WIB
Mengantisipasi berbagai HOAX atau berita bohong tentang Pangandaran khususnya dalam informasi bencana yang sangat berpengaruh kepada pariwisata Pangandaran, Pemda Kabupaten Pangandaran melalui Pusdalops meluncurkan sebuah website bernama PADI.