Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah di Pangandaran


Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah  di Pangandaran

Bencana Alam yang sedang terjadi di Pangandaran hari ini (07/10) ternyata dibarengi dengan beredarnya beberapa foto bohong (hoax) di sosial media dan aplikasi messaging Whatsapp. Beredarnya foto ini tentu sangat disayangkan oleh warga Pangandaran khususnya.

Sebagai informasi, beberapa daerah di Pangandaran mengalami banjir dengan beragam kedalaman, hal ini terjadi karena hujan yang mengguyur semalaman di Pangandaran, selain itu hujan dengan beragam intensitas juga turun dalam kurun seminggu terakhir ditambah air pasang laut karena bertepatan dengan bulan purnama. Sementara untuk daerah yang longsor terjadi di Daerah Kalijati Kecamatan Sidamulih, bagian utara Kabupaten Pangandaran dan lokasinya cukup jauh dari Pantai Pangandaran dengan kontur tanah yang berbukit.

Beberapa objek wisata juga mengalami penutupan sementara karena debit air yang tinggi, namun biasanya akan dibuka kembali dalam beberapa hari kedepan setelah debit air normal kembali atau aman untuk melakukan aktifitas air seperti di Citumang, Green Canyon dan Santirah.

Sayangnya, informasi bencana yang terjadi di Pangandaran tersebar di media sosial dibarengi dengan beberapa foto bohong atau hoax yang menggambarkan banjir dan longsor dahsyat, padahal bukan di Pangandaran. Pantauan myPangandaran ada 2 buah foto yang diikut sertakan dalam informasi viral tersebut.
Photo Banjir Srilangka tahun 2007 yang menjadi Hoax dan diberitakan Banjir Pangandaran


Photo longsor dari Google yang diberitakan longsor di Pangandaran, padahal di Pangandaran tidak ada daerah ini.

Sampai berita ini diturunkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus berupaya melakukan pertolongan di beberapa titik. dan sampai saat ini tidak ada himbauan dari Pemerintah daerah untuk melarang wisatawan berkunjung ke Pangandaran karena sejumlah destinasi wisata aman untuk dikunjungi.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya