Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah di Pangandaran


Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah  di Pangandaran

Bencana Alam yang sedang terjadi di Pangandaran hari ini (07/10) ternyata dibarengi dengan beredarnya beberapa foto bohong (hoax) di sosial media dan aplikasi messaging Whatsapp. Beredarnya foto ini tentu sangat disayangkan oleh warga Pangandaran khususnya.

Sebagai informasi, beberapa daerah di Pangandaran mengalami banjir dengan beragam kedalaman, hal ini terjadi karena hujan yang mengguyur semalaman di Pangandaran, selain itu hujan dengan beragam intensitas juga turun dalam kurun seminggu terakhir ditambah air pasang laut karena bertepatan dengan bulan purnama. Sementara untuk daerah yang longsor terjadi di Daerah Kalijati Kecamatan Sidamulih, bagian utara Kabupaten Pangandaran dan lokasinya cukup jauh dari Pantai Pangandaran dengan kontur tanah yang berbukit.

Beberapa objek wisata juga mengalami penutupan sementara karena debit air yang tinggi, namun biasanya akan dibuka kembali dalam beberapa hari kedepan setelah debit air normal kembali atau aman untuk melakukan aktifitas air seperti di Citumang, Green Canyon dan Santirah.

Sayangnya, informasi bencana yang terjadi di Pangandaran tersebar di media sosial dibarengi dengan beberapa foto bohong atau hoax yang menggambarkan banjir dan longsor dahsyat, padahal bukan di Pangandaran. Pantauan myPangandaran ada 2 buah foto yang diikut sertakan dalam informasi viral tersebut.
Photo Banjir Srilangka tahun 2007 yang menjadi Hoax dan diberitakan Banjir Pangandaran


Photo longsor dari Google yang diberitakan longsor di Pangandaran, padahal di Pangandaran tidak ada daerah ini.

Sampai berita ini diturunkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus berupaya melakukan pertolongan di beberapa titik. dan sampai saat ini tidak ada himbauan dari Pemerintah daerah untuk melarang wisatawan berkunjung ke Pangandaran karena sejumlah destinasi wisata aman untuk dikunjungi.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Foto Menteri Susi Pudjiastuti Tidur Kelelahan di Sofa Jadi Viral

Foto Menteri Susi Pudjiastuti Tidur Kelelahan di Sofa Jadi Viral


Senin, 12 Juni 2017 05:24 WIB
Foto menteri Perikanan dan Kelautan asal Pangandaran Susi Pudjiastuti jadi viral di dunia maya, foto yang memperlihatkan Ibu Susi nampak tertidur pulas di sofa berwarna coklat yang menurut informasi berada di Lounge Bandara JFK, New York. Menteri Susi memang baru saja menghadiri sebuah acara di PBB, yang saat itu pula Ia mendapatkan pujian dari artis ganteng Leonardo Dicaprio.
Mentri Susi Hadiri Puncak Gemasatukata Di Pangandaran

Mentri Susi Hadiri Puncak Gemasatukata Di Pangandaran


Sabtu, 20 Mei 2017 11:02 WIB
Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan (BKIPM-KKP) menggelar puncak Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan di Lapang Ketapang Doyong Pangandaran Kamis (18/05) kegiatan tersebut merupakan kegitaan yang serentak dilaksanakan di 47 UPT BKIPM se-Indonesia.
HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat

HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat


Kamis, 27 April 2017 12:21 WIB
Mengacu terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disahkan pada tanggal 26 April 2007. Undang-Undang tersebut adalah perangkat hukum pertama yang merubah paradigma penanggulangan bencana dari perspektif responsif ke preventif (pengelolaan risiko bencana), dan dengan inisiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak pada tanggal 26 April setiap tahun nya.
Bupati Lantik Sembilan Kades Terpilih Se-Kabupaten Pangandaran

Bupati Lantik Sembilan Kades Terpilih Se-Kabupaten Pangandaran


Rabu, 26 April 2017 09:38 WIB
Bertempat di aula setda kabupaten Pangandaran pada hari ini (25/04) Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata melantik sebanyak sembilan kepala desa terpilih hasil dari pemilihan kepala desa serentak di tujuh kecamatan di Kabupaten Pangandaran yang akan mengemban tugas pada periode 2017-2023 ke depan.