Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah di Pangandaran


Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah  di Pangandaran

Bencana Alam yang sedang terjadi di Pangandaran hari ini (07/10) ternyata dibarengi dengan beredarnya beberapa foto bohong (hoax) di sosial media dan aplikasi messaging Whatsapp. Beredarnya foto ini tentu sangat disayangkan oleh warga Pangandaran khususnya.

Sebagai informasi, beberapa daerah di Pangandaran mengalami banjir dengan beragam kedalaman, hal ini terjadi karena hujan yang mengguyur semalaman di Pangandaran, selain itu hujan dengan beragam intensitas juga turun dalam kurun seminggu terakhir ditambah air pasang laut karena bertepatan dengan bulan purnama. Sementara untuk daerah yang longsor terjadi di Daerah Kalijati Kecamatan Sidamulih, bagian utara Kabupaten Pangandaran dan lokasinya cukup jauh dari Pantai Pangandaran dengan kontur tanah yang berbukit.

Beberapa objek wisata juga mengalami penutupan sementara karena debit air yang tinggi, namun biasanya akan dibuka kembali dalam beberapa hari kedepan setelah debit air normal kembali atau aman untuk melakukan aktifitas air seperti di Citumang, Green Canyon dan Santirah.

Sayangnya, informasi bencana yang terjadi di Pangandaran tersebar di media sosial dibarengi dengan beberapa foto bohong atau hoax yang menggambarkan banjir dan longsor dahsyat, padahal bukan di Pangandaran. Pantauan myPangandaran ada 2 buah foto yang diikut sertakan dalam informasi viral tersebut.
Photo Banjir Srilangka tahun 2007 yang menjadi Hoax dan diberitakan Banjir Pangandaran


Photo longsor dari Google yang diberitakan longsor di Pangandaran, padahal di Pangandaran tidak ada daerah ini.

Sampai berita ini diturunkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus berupaya melakukan pertolongan di beberapa titik. dan sampai saat ini tidak ada himbauan dari Pemerintah daerah untuk melarang wisatawan berkunjung ke Pangandaran karena sejumlah destinasi wisata aman untuk dikunjungi.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
​Rumah Khusus Nelayan Dibangun di Pangandaran

​Rumah Khusus Nelayan Dibangun di Pangandaran


Selasa, 24 April 2018 12:15 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun 154 unit rumah khusus nelayan tipe 36 pada 2015-2017 di Pangandaran. Pembangunan rumah tersebut terbagi menjadi 104 unit di Desa Mesawah dan 50 unit di Desa Pangandaran.
Cerita ​Presiden Jokowi yang Batal ke Pangandaran via Jalur Udara

Cerita ​Presiden Jokowi yang Batal ke Pangandaran via Jalur Udara


Selasa, 24 April 2018 12:12 WIB
Kemarin, 23 April 2018, Presiden Jokowi dijadwalkan menempuh jalur udara dari Purbalingga ke Pangandaran dan tiba di Bandara Nusawiru sekitar pukul 17.00 WIB. Namun, hujan yang turun terus menerus mengakibatkan batalnya perjalanan udara tersebut.
Jokowi Datang, Warga Gelar Bersih-Bersih di Pangandaran

Jokowi Datang, Warga Gelar Bersih-Bersih di Pangandaran


Senin, 23 April 2018 18:32 WIB
Sejumlah warga bersama komunitas dan unsur pemerintah Kabupaten Pangandaran menggelar aksi gotong royong membersihkan kawasan Pantai Pangandaran maupun sekitar lingkungan penduduk dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.
Pelabuhan Cikidang Pangandaran “Merah Putih” Menyambut Jokowi

Pelabuhan Cikidang Pangandaran “Merah Putih” Menyambut Jokowi


Senin, 23 April 2018 18:14 WIB
Sejumlah Nelayan yang menambatkan perahunya di Pelabuhan Cikidang Pangandaran terlihat sibuk memasang bendera merah putih. Pemasangan bendera merah putih itu tiada lain dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Jokowi.