Kegiatan Pembibitan Mangrove dan Pandan Laut


Kegiatan Pembibitan Mangrove dan Pandan Laut

Pangandaran, myPangandaran - Minguu (29/09), Kegiatan pembibitan pohon mangrove dan pembibitan pandan laut di pantai Bulaksetra dalam rangka rehabilitasi dan menjadikan kawasan pantai bulak setra Desa Babakan Kecamatan Pangandaran sebagai kawasan lindung hijau dan mengembangkan pariwisata pendidikan.  Kondisi Llngkungan Bulaksetra yang berupa pasir panas gersang yang menjadi kendala dam pembibitan pandan laut dan mangrove sehingga memerlukan perawatan extra.

Menurut salah satu anggota PALAPA, “kegiatan yang di lakukan anak-anak PALAPA di fokuskan dalam pembibitan pandan laut, karena kegiatan penanaman pandan laut yang sebelumnya banyak yang mati sehingga pembibitan kali ini menggunakan biji pandan laut yang di tanam di dalam polibag, bukan menanam pandan kecil yang di potong dari pohon pandan yang besar”.

Pembibitan mangrove dan pandan laut di harapan dapat  melindungi garis pantai dari ancaman abrasi dan membantu menangkap sendimen yang dibawa air sungai ke laut hingga membantu melindungi ekosistem lain seperti terumbu karang.

Kegiatan Pembibitan mangrove dan pandan laut merupakan program kerja  PALAPA (Pecinta Alam Pangandaran) SMA N 1 Pangandaran yang biasa di lakukan. Selain PALAPA kegiatan pembibitan mangrove di Bulaksetra juga di lakukan komunitas ILALANG, Komunitas Ilalang merupakan sekelompok pemuda Desa Babakan yang peduli kelestarian alam. Mereka bekerja sama dengan Indecon, LWG (Local Working Group) dalam mengelola kawasan Bulaksetra dan memelihara hutan mangrove. Program rehabilitasi mangrove di mulai sejak tahun 2007 hingga sekarang.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini