7 Rencana Bidang Infrastruktur Pj Bupati Endjang untuk Pangandaran


7 Rencana Bidang Infrastruktur  Pj Bupati Endjang untuk Pangandaran
Pj Bupati Endjang tampak sedang mencoba watersport di Pantai Batukaras, banyak rencana dan PR besar untuk memajukan Pangandaran yang baru seumur jagung ini. Photo by Madlani Lani

Sebagai Pejabat Bupati Pangandaran banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan selain pembentukan perangkat kerja dilingkungan Pemda Pangandaran, salah satunya adalah bidang Infrastruktur. Sudah menjadi kebiasaan dari sebuah daerah otonom baru untuk mempersiapkan infrastruktur yang belum ada dan meningkatkan kualitas infrastruktur yang sudah ada, bahkan sebagian besar masyarakat menilai keberhasilan sebuah daerah otonom baru diukur dari maju tidaknya infrastrukturnya.


Amanah yang diemban Pj Bupati Endjang pastinya tidak mudah, namun saya melihat ada rencana-rencana yang menurut saya luarbiasa jika terlaksana dengan baik, ada 7 Rencana Bidang Infrastruktur Pj Bupati Endjang untuk Pembangunan Pangandaran.

1. Perbaikan dan Pelebaran Jalan Padaherang - Cimerak
Perbaikan Jalan Pangandaran
Masalah ini yang selalu dipertanyakan oleh siapapun yang berkunjung ke Pangandaran, kenapa jalannya sempit dan rusak, kenapa seperti kolam ikan yang becek saat hujan, kenapa seperti gurun pasir yang berdebu saat kemarau. Endjang tidak ingin lagi jalan ke Pangandaran seperti itu dan merencanakan akan melakukan perbaikan jalan dan bahkan akan dilakukan pelebaran jalan, detailnya sendiri saya belum tau, namun Endjang mengungkapkan di akun social medianya bahwa proses perbaikan jalan dari Padaherang hingga cimerak akan selesai tahun 2013 ini. Sebagai informasi bahwa akses utama menuju Pangandaran saat ini memang sedang rusak, hal itu karena cukup lama tidak ada perbaikan dan juga sedang adanya muatan batu-batu berat untuk pembangunan pemecah ombak pelabuhan Cikidang Pangandaran, sedangkan dijalur barat dari Pangandaran menuju cimerak rusak akibat lama tidak ada perbaikan dan ditenggarai akibat lalu-lalangnya aktifitas pengangkutan pasir besi dari Tasikmalaya menuju cilacap.

2. Pengaktifkan Kembali Jalur Kereta Banjar - Cijulang
Jalur Kereta Pangandaran
Mimpi warga Pangandaran sepertinya akan segera terwujud, mimpi yang terpendam dari tahun 80-an dimana ingin ada kereta api melintas kembali ke jalur selatan Banjar-Cijulang. Informasi yang didapatkan bahwasanya project besar ini sudah masuk dalam blueprint atau perencanaan jangka panjang departemen perhubungan dan dalam rencana akan mulai dilaksanakan ditahun 2016, namun Pj Bupati Endjang melakukan negosiasi dengan departemen terkait hingga setuju untuk memajukan awal proyek di tahun 2014.

Jalur Kereta Api Banjar-Pangandaran-Cijulang saat ini tidak digunakan setelah ditutup tahun 1981, terowongan-terowongan masih terlihat kokoh dan dijadikan jalan oleh warga, namun untuk jembatan sudah banyak yang rusak dan dibeberapa titik jalur kereta sudah digunakan oleh warga untuk mendirikan rumah.

3. Penyelesaian Pelabuhan Cikidang Pangandaran

Pembuatan pelabuhan Cikidang awalnya digunakan untuk menambatkan seluruh perahu nelayan yang saat ini berada di pantai timur Pangandaran dekat dengan cagar alam dan juga pantai Barat. Harapanya dengan adanya pelabuhan Cikidang, tidak ada lagi perahu nelayan di kawasan wisata sehingga tidak menyebabkan penyempitan tempat wisata dan menghalangi pemandangan. Pembangunan pelabuhan cikidang saat ini sedang penyelesaian tahap akhir untuk pemecah ombak. Endjang bahkan berencana akan membuat pelabuhan seperti layaknya Mall, namun demikian lebih rincinya belum didapatkan.

Pelabuhan yang terletak di desa Babakan Kec. Pangandaran ini mulai dibangun sejak 5 tahun yang lalu, bangunan Pelelangan ikan bahkan sudah dibangun ditahap awal beserta dengan beberapa bangunan untuk kantor, namun karena lama tidak dipergunakan sehingga beberapa bagian rusak.

4. Pemanjangan Landasan dan Perluasan Bandara Nusawiru
Bandara Nusawiru
Hanya kapal kecil milik Susi Air dan sekolah Penerbangan yang saat ini dapat mendarat di Bandara yang terletak di Kecamatan Cijulang. Untuk menumbuhkan perekonomian di Pangandaran, Endjang juga berencana akan melakukan perluasan Bandara Nusawiru ini, targetnya adalah Pesawat menengah seukuran Boeing 737 dapat mendarat disini.

Bandara nusawiru terdapat di bagian Barat Kabupaten Pangandaran, hanya sekitar 6 km dari objek wisata GreenCanyon atau sekitar 12 km dari Batukaras. Bandara ini sempat melayani rute Pangandaran-Bandung dan Pangandaran-Halim, hanya beberapa bulan yang lalu untuk rute Bandung ditutup. Saat ini panjang landasannya adalah sekitar 1.3 km dan masih memungkinkan untuk ditambah sepanjang 1km.

5. Penataan Wisata di Seluruh Objek Wisata
GreenCanyon Pangandaran
Penataan wisata di Pangandaran dan objek wisata lainnya mutlak harus dilakukan, hal ini untuk membuat pengunjung lebih nyaman dan dapat berlama-lama di Pangandaran. Penataan ini tentu berkaitan dengan poin-poin lain yang harus diselesaikan seperti perbaikan jalan dan pelabuhan sehingga penataan dapat dilakukan dengan maksimal.

Pemandangan perahu nelayan, ketersediaan tempat sampah dan pedagang menjadi PR besar bagi Pj Bupati Endjang untuk Pantai Pangandaran dan beberapa pantai lainnya, sedangkan di objek wisata lainnya seperti GreenCanyon kendala tempat parkir masih menjadi masalah, bahkan pada saaat volume wisatawan naik, kendaraan kesulitan untuk menemukan tempat parkir.

6. Pembangunan Pelabuhan Bojongsalawe
Bojongsalawe
Selain pembangunan Pelabuhan cikidang, Bojongsalawe juga akan mengalami pembangunan dan pelebaran, saat ini pelabuhan hanya digunakan untuk kapal-kapal kecil nelayan dan pusat pelelangan ikan di kecamatan Parigi. Rencananya jika tidak ada kendala, pelabuhan ini akan dijadikan pelabuhan International sehingga beberapa kapal besar dapat berlabuh disini.

7. Pembangunan Pusat Pemerintahan di Parigi

Pelaksaan seluruh aktifitas pemerintahan tentu perlu ditunjang dengan pusat pemerintahan yang memadai, menurut rencana, Pusat Pemerintahan akan juga dijadikan sebagai kawasan wisata mengingat berada didaerah yang cukup tinggi dengan udara yang sejuk yaitu di Cintaratu Parigi.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini