Pangandaran dan Cijulang Simpan Cadangan 500.000 ton Pasir Besi


Pangandaran dan Cijulang Simpan Cadangan 500.000 ton Pasir Besi

Pangandaran,myPangandaran.com-Selain menjadi pusat wisata di Jawa Barat, ternyata Pangandaran dan Cijulang merupakan tempat penyimpanan cadangan komoditi pertambangan berupa pasir besi, jumlahnyapun tidak sedikit yaitu sekitar 500.000 ton pasir besi. Dikutip dari situs BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia mencantumkan Pangandaran dan Cijulang sebagai salah satu tempat di Ciamis selatan yang menyimpan potensi itu.


Keberadaan pasir besi ini memang membuat permasalahan baru dimana masyarakat sangat tidak setuju dengan penambangan pasir besi, alasanya adalah merusak lingkungan dan merusak jalan utama sepanjang Pangandaran Cijulang. Pengalaman memang menunjukan kebenaran akan hal itu, puluhan kilometer jalan rusak akibat beratnya beban akibat dilalui truk-truk pengangkut pasir besi. Bahkan beberapa saat yang lalu, Bupati Ciamis menyetujui salah satu operator pertambangan untuk memulai penambangan didaerah kalipucang dengan berbagai pesyaratan seperti perawatan jalan hingga pengangkutan lewat jalur laut.

Banyak komentar muncul setelah penerbitan izin itu, beberapa pembaca setia myPangandaran menyampaikan juga pandangan mereka. "Tambang hanya biang masalah jangan pernah percaya iming-iming daari Perusahaan, yang nyata mereka hanya ingin mengeruk Keuntungan dari Tanah warga, justru wargalah yang dirugikan selain kesulitan air dampak dari Pertambangan Pasir besi akan dirasa pada warga , selain jalan rusak kekeringan dan kesulitan air " Ujar Saji Faturahman salahsatu warga Sidamulih.

Semua yang komentar sangat menyangkan akan penerbitan izin itu dan berharap bupati Ciamis dapat mengkaji ulang penerbitan izin itu. Pangandaran dan daerah lainnya di Ciamis selatan memang sangat potensial, namun harus dikelola dengan benar dan hati-hati apalagi yang berhubungan dengan lingkungan sehingga tidak akan merusak ekosistem dan lingkungan yang ada sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat yang berujung pada sebuah kesejahteraan.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini