Warga Heboh Melihat Cahaya Melintas di Langit Pangandaran


Warga Heboh Melihat Cahaya  Melintas di Langit Pangandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-HEBOH, seusai menunaikan Sholat Maghrib dan berbuka puasa anak-anak yang sedang berkumpul di masjid Ar-Rohman Dusun Karang Gedang Rt 05 Rw 06 berteriak "Bintang Jatuh,Bintang Jatuh" saat itu pula orang -orang keluar untuk menyaksikan cahaya ke kuning-kuninganyang jatuh dari langit.

Saat itu pula myPangandaran mencari Update di Facebook tentang bintang jatuh dan ternyata hasilnya bintang jatuh terlihat di berbagai daerah di antaranya Sukabumi,Banjarnegara,Salatiga,Magelang dan Pangandaran.

Sayang  dalam kejadian itu tidak ada satu pun warga yang sempat mengabadikan cahaya yang jatuh dari langit itu, dari pengamatan myPangandaran sendiri cahaya itu berukuran kurang lebih sekepal orang dewasa dengan mengeluarkan percikan seperti ekor di perkirakan adalah meteor.

Dikutip dari National Geographic News dua hujan meteor akan memuncak di malam Ramadhan tepatnya pada Sabtu, 13 Agustus 2011, yakni hujan meteor Perseids dan Delta Aquarids. Kedua hujan meteor tersebut akan dilengkapi dengan bulan purnama, yang sayangnya justru mengganggu pandangan ke hujan meteor.

Puncak hujan meteor Delta Aguarids akan terjadi saat puncak hujan meteor Perseids dimulai. Keduanya akan menghasilkan 15 hingga 30 bintang jatuh per jam. "Meskipun ada bulan terang yang menjadi tamu, orang tetap bisa melihat hujan Delta Aquarids," kata Raminder Singh Samra, astronom dari H.R. MacMillan Space Centre di Vancouver, Kanada.

Perseids akan dimulai dengan sekitar lima meteor per jam. Mereka dapat dilihat dua minggu sebelum pertengahan agustus. Saat puncak hujan meteor rata-rata ada 60 hingga 120 meteor. Pengamatan dapat dilakukan mulai pukul 2 dini hari sampai subuh. Rasi Perseus berada di arah timur laut dengan ketinggian 30 derajat. Sementara itu, aktivitas Delta Aquarids akan terjadi akhir Juli dan awal Agustus.

Hampir seluruh orang di dunia dapat melihat hujan meteor ini. Hujan dapat terlihat dengan jelas di daerah yang gelap, jauh dari gemerlap kota. "Karena bintang jauh akan terjadi di seluruh angkasa yang terlihat, berbaringlah dan biarkan mata beradaptasi dengan kegelapan," Samra memberi saran.

Hujan meteor Delta Aquarids dan Perseids terjadi karena atmosfer Bumi menghampiri awan yang terbentuk dari butiran-butiran partikel yang dilepaskan komet. Setiap partikel masuk ke atmosfer dengan kecepatan 150.000 kilometer per jam sehingga terbakar dan menghasilkan cahaya.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini