Rekompak Gelar Lokalatih Kemandirian di Pangandaran


Rekompak Gelar Lokalatih Kemandirian di Pangandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-Pendampingan program/proyek REKOMPAK-JRF di Pangandaran Kab. Ciamis sudah berjalan sejak tahun 2008. Semula kegiatan pendampingan kepada masyarakat yang dilakukan oleh District Management Consultant (DMC) maupun fasilitator dan tim relawan yang tergabung didalam BKM/TPK, TIP, PP dalam rangka persiapan perencanaan dan pelaksanaan Bantuan Dana Lingkungan (BDL) Pengurangan Risiko Bencana yang dititikberatkan kepada daerah-daerah yang terkena dampak tsunami dan gempa. 


Salah satu tolok ukur keberhasilan program REKOMPAK-JRF adalah apabila proses pendampingan selesai, usaha-usaha adanya kemandirian didalam penanggulangan dan pengurangan risiko bencana oleh masyarakat sendiri yang diharapkan juga sejalan dengan visi, misi dan arah pembangunan yang ada di tingkat desa maupun di tingkat kabupaten dan diperkuat oleh adanya kelembagaan yang mendukung pelaksanaan dan pengawalan program maupun rencana aksi.

Untuk itu pada tanggal 13-14 Mei 2011 di Hotel Sofia Pangandaran diselenggarakan acara lokalatih kegiatan lapangan untuk kemandirian dan keberlanjutan program REKOMPAK-JRF Pangandaran. Acara lokalatih ini diikuti 87 orang perwakilan dari 29 desa di Kabupaten Ciamis. Setiap Desa mengirimkan tiga orang perwakilannya terdiri dua (2) orang wakil BKM dan satu (1) orang perwakilan perangkat desa. Acara ini diselenggarakan oleh NMC dan DMC Pangandaran

Tujuan dari pelaksanaan Lokakarya dan Pelatihan dalam rangka mendorong adanya kemandirian dan keberlanjutan program REKOMPAK-JRF yang berbasis kepada pengurangan risiko bencana di tingkat masyarakat.

Manfaat yang didapat di tingkat masyarakat, adalah; memudahkan relawan dan lembaga terkait di tingkat desa didalam melakukan review dan mengevaluasi pelaksanaan RPP sesuai siklus penganggaran daerah dan pada keadaan tertentu seperti force major; Membantu memperdalamam pemahaman bagaimana penerapan Operasi & Pemeliharaan sarana dan prasarana di lapangan; Meningkatkan peran OPRB didalam memberikan pengawalan terhadap rencana aksi dan penerapan protap untuk pengurangan risiko bencana; Membantu memberikan pemahaman bagaimana mengakses dan mengawal setiap program yang berbasis pengurangan risiko bencana dari tingkatan yang paling bawah di dingkat desa sampai dengan tingkat Kabupaten. Mendapatkan masukan dari masyarakat tentang rencana kerja dalam rangka kemandirian dan keberlanjutan program REKOMPAK-JRF.

(Sumber : Sentot Sederajad, Adam Agus – Trainning and Socialization Expert/ Sosinfo – NMC Rekompak –JRF)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini