Pemprov Jabar Dorong Pemerintah Pusat Bangun Trans Selatan Jabar


Pemprov Jabar Dorong Pemerintah Pusat Bangun Trans Selatan Jabar

Pangandaran,myPangandaran.com-JALUR trans Jabar selatan membentang dari wilayah Pangandaran (Ciamis)-Cipatujah (Tasikmalay)-Pameungpeuk (Garut)-Cidaun (Cianjur) hingga kawasan Ujunggenteng (Sukabumi) saat ini sudah terhubung. Pendanaan pengembangan trans Jabar selatan itu merupakan realisasi dan peningkatan status jalan tersebut menjadi jalan nasional.

Kawasan Jabar selatan yang meliputi 5 daerah tersebut kondisinya relatif tertinggial jika dibandingkan dengan perkembangan pembangunan di kawasan Jabar bagian utara dan tengah. Padahal potensi yang dimiliki cukup banyak. Makanya sejak tahun 2010 pemprov memokuskan pembangunan di wilayah Jabar selatan, termasuk pembangunan infrastrukturnya. Pemprov memanfaatkan prioritas pembangunan nasional yang memasukkan pembangunan Jabar selatan dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (PRJMN). Demikian diungkapkan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan.

"Prisipnya pembangunan Jabar selaln diwali dengan perbaikan dan pelebaran jalan. Hingga saat ini alhamdulillah sepanjang jalan. Pelabuhanratu hingga Pangandaran terpantau mulus," ungkap Heryawan.

Menurutnya, tahun 2011, Pemprov Jabar berhasil mendorong pemerintah pusat berkomitmen membangun kawasan Jabar selatan. Untuk itu ratusan miliar dana dari APBN tahun 2011 akan digelontorkan ke kawasan tersebut. Tentunya pemprov juga akan berkontribusi dengan mengalokasikan lebih banyak pembangunan sarana infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat di kawasan Jabar selatan.

Renacannya, kata Heryawan, tahun ini pemerintah Amerika Serikat akan memberi bantuan hibah sebesar 300 juta dolar AS untuk pemnbangunan wilayah selatan Jabar. Dana dikucurkan melalui program millenium challenge corporation (MCC). Kepastiannya akan didapat setelah tim MCC berkunjung ke Indonesia pada Juni 2011 mendatang.

"Bahkan di tahun 2012, Islamic Development Bank (IDB) akan mendanai pembangunan infrastruktur jalur trans Jabar senilai 200 juta dolar AS, untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengembangan wilayah itu. IDB merupakan satu dari tiga lembaga keuangan dunia yang mendanai pembangunan infrastruktur di Jabar. Dua lembaga lainnya World Bank dan SNFC," ujar Heryawan.

Dikatakan, salah satu target pembangunan trans Jabar guna mendorong pertumbuhan perekonomian di kawasan tersebut. Pengembangan jalan raya di Jabar selatan diharapkan akan mendorong pergerakan ekonomi daerah setempat dan akses perekonomian kian lancar.

Di samping itu, untuk menggenjot akselerasi pembangunan dan mengejar ketertinggalan. Kini pemprov sudah menerbitkan Perda No. 28/2010 tentang Pengembangan Pembangunan Jabar Bagian Selatan 2010-2029. (Sumber Galamedia)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini