Susi Air Pangandaran Pesan Simulator Cessna dari Mechtronix


Susi Air Pangandaran Pesan Simulator Cessna dari Mechtronix

Pangandaran,myPangandaran.com-Produsen perangkat simulasi penerbangan untuk pelatihan, Mechtronix Systems Inc, akan memproduksi simulator FFT X untuk Cessna Grand Caravan. Produksi ini untuk memenuhi pesanan maskapai Susi Air yang berencana meningkatkan fasilitas pelatihan pilot mereka.

Pendiri dan CEO Susi Air, Susi Pudjiastuti, mengatakan ini adalah simulator pertama yang akan mereka miliki. Sebelumnya pelatihan pilot menggunakan pesawat sungguhan. Peralihan ke perangkat simulator diharapkan mengurangi biaya sekaligus meningkatkan kualitas pelatihan.

"Kami akan membebaskan dua pesawat khusus untuk pelatihan dan mengintegrasikan similator ke dalam program pelatihan," kata Susi di Avalon, Australia, Selasa (2/3). Simulator akan ditempatkan di fasilitas pelatihan Susi Air di Pangandaran, Jawa Barat, pada kuartal terakhir 2011.

Perangkat simulator tersebut bakal menjadi simulator pertama di Asia Pasifik untuk jenis Cessna Grand Caravan. Fasilitas pelatihan juga terbuka untuk maskapai lain. Karena itu Susi yakin fasilitas pelatihan miliknya mampu memberi pelatihan untuk pilot jenis itu di Asia Pasifik.

Simulator akan diproduksi dengan menggunakan standar JAR-FSTD A FTD level 2 dan FNPT II MCC. Pusat pelatihan Susi Air juga akan dilengkapi dengan Ascent Flight Trainer C172 Garmin 1000. Susi Air menjadi maskapai kedua di dunia yang paling banyak mengoperasikan Cessna Grand Caravan sebanyak 30 unit.

Chief Operation Officer Susi Air Christian von Strombeck mengatakan Mechtronix adalah satu-satunya produsen simulator yang menawarkan konsep FFT X dan model bisnis train at home. "Ini sangat pas dengan kebutuhan kami," katanya.

Christian menjelaskan, Susi Air beroperasi di wilayah yang memiliki banyak hambatan geografis, seperti pegunungan, iklim tropis, dan tanah datar. Ini menjadi perhitungan Mechtronix dalam mengembangkan simulator. Simulator ini dirancang mempersiapkan pilot menghadapi kondisi geografis dan situasi pendaratan yang sulit.

Presiden Mechtronix System, Herve menambahkan, konsep FFT X memungkinkan maskapai melakukan pelatihan sendiri meski di Tanah Air tak terdapat fasilitas pelatihan FFS yang sangat mahal. "Ini memungkinkan mereka melatih awak dalam lingkungan dengan tingkat ketepatan tinggi dan biaya terjangkau," ujarnya.

Simulator yang diproduksi untuk Susi Air adalah simulator pertama yang mereplika Cessna Grand Caravan. Replika itu meniru flight deck Cessna Grand Caravan 208. Fitur di dalam replika meliputi generasi baru 3-DOF seat-based motion cueing system, high-end sound simulation system, dan sebuah FFS instructor operating station system.

Perangkat itu diklaim sangat fleksibel dan dilengkapi dengan sistem layar paralel lintas kokpit tiga chanel 200 x 40 derajat. Sistem layar akan memberi pilot tampilan visual seperti dalam fasilitas pelatihan FFS. Sebelumnya Mechtronix juga memproduksi simulator FFT X untuk Airbus 320, Boeing 737NG, ATR 500 dan 600 series. (Sumber Tempo)







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Info Perusahaan Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini