Wisata dan Kuliner
Kisah Unik di Balik Nikmatnya Pindang Gunung Makanan Khas Pangandaran

Kisah Unik di Balik Nikmatnya Pindang Gunung Makanan Khas Pangandaran

Pangandaran, mypangandaran.com - Selain memiliki pantai yang eksotis, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat juga menyuguhkan berbagai macam makanan khas yang legendaris salah satunya adalah pindang gunung. Gunakan resep turun temurun, pindang gunung kuah kuning jadi kuliner yang wajib dicicipi saat ke Pangandaran.

Sup ikan dengan bumbu rempah ini menciptakan cita rasa yang gurih, sedikit pedas dan segar saat disantap. Pindang gunung amat cocok untuk mengisi tenaga usai lelah bermain di wisata pantai, maupun curug yang ada di sana.


Kisah Unik Pindang Gunung

Dilansir dari merdeka.com, mengutip kanal YouTube Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX, pindang gunung memiliki harfiah yang berbeda. Pindang bukanlah jenis ikan, melainkan proses memasak dengan cara disayur. Sedangkan gunung merupakan daerah asal makanan ini dibuat.

Di sini letak keunikannya, karena makanan berbahan ikan ini justru jadi makanan khas warga pegunungan Pangandaran, bukan dari pesisir. Hal ini turut dibenarkan oleh Kepala Seksi Seni Budaya, Disparbud Pangandaran, Iing Rohidin.

“Kalau di daerah lain, pindang itu kaya ikan, tapi kalau di sini pindang itu semacam sayur (masakan). Jadi pindang gunung ini adalah sayur khas yang bumbunya dari daerah gunung” kata dia.


Kuliner Khas Warga Pegunungan Pangandaran

Iing menambahkan jika di masa lampau pindang gunung jadi kuliner khas warga pegunungan. Ini bisa dilihat dari bumbu yang tidak bisa ditanam di daerah pantai, seperti daun kedondong dan buah kecombrang.

Namun saat itu masyarakat gunung pangandaran tetap mencari bahan baku ikannya dari daerah pesisir, hanya bumbu yang berasal dari dataran tinggi.

“Yang khas dari pindang gunung adalah rempahnya yang dari gunung, seperti daun kedondong dan buah honje atau kecombrang” kata Iing.

Saat ini, sajian pindang gunung sudah mudah ditemukan di hampir setiap tempat keramaian di kabupaten pariwisata itu.


Rasa Pindang Gunung

Tak diragukan lagi bahwa pindang gunung selalu jadi buruan para wisatawan asal luar kota. Kombinasi rempah dataran tinggi seperti bawang merah, putih, cabai domba, daun bawang, daun kedondong, kunyit sampai buah kecombrang menawarkan sensasi segar yang nagih.

Belum lagi paduan lemak ikan dari rebusan kaldunya yang makin membuatnya lezat, dan cocok disantap terutama saat cuaca dingin.

Dikutip dari Liputan6, secara keseluruhan rasa kompleks dari pindang gunung adalah asam gurih, yang berpadu dengan manis dan pedas. Karena rempahnya kuat, rasa amis ikan justru tidak terasa, dan berganti dengan nikmatnya tekstur daging ikan yang lembut.

Untuk satu porsi menu pindang gunung biasanya dibanderol dengan harga kurang lebih Rp30.000, dan belum termasuk nasi. Harga ini terbilang murah, karena satu porsi sup pindang gunung akan diisi dengan potongan ikan yang cukup besar.

Gimana nih, apakah Anda penasaran dan tertarik dengan pindang gunung makanan khas dari Pangandaran ini? Yuk, lansung cus ke Pangandaran sobat!







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Tips Menulis IT di Media Cetak dan Koran
Tips Menulis IT di Media Cetak dan Koran
Jum'at, 19 November 2010 05:47 WIB
Beberapa waktu yang lalu ada temen di group ini yang menanyakan kepada saya tentang bagaimana tips untuk menulis di koran ataupun di media cetak. Walaupun tulisan saya tidak begitu banyak di media cetak (Khususnya Pikiran Rakyat), tapi saya coba berbagi barangkali ada temen-temen yang membutuhkan.
Ciamis Dipagari Kemiskinan Kemiskinan Picu Pemekaran Wilayah
Ciamis Dipagari Kemiskinan Kemiskinan Picu Pemekaran Wilayah
Rabu, 26 Mei 2010 05:11 WIB
Kantong kemiskinan di Kabupaten Ciamis tersebar di hampir semua wilayah perbatasan. Desa-desa itu memagari Ciamis dengan beragam permasalahan ekonomi yang belum sepenuhnya mengentaskan masyarakat dari kemiskinan. Kemiskinan tersebut dipicu belum meratanya pembangunan infrastruktur jalan.
Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat
Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat
Minggu, 28 Agustus 2011 21:25 WIB
Pesona alam Jawa Barat masih menjadi daya tarik wisata saat libur Lebaran. Tahun lalu, misalnya, tujuan wisatawan banyak mengarah ke pantai dan pegunungan. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat Herdiwan, sedikitnya ada delapan lokasi wisata yang dibanjiri pengunjung selama empat hari sejak hari pertama Lebaran.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini