Ekonomi dan Wirausaha
Hari Pangan Sedunia, Ketahanan Pangan Lokal Tersingkir oleh Produk Impor

Hari Pangan Sedunia, Ketahanan Pangan Lokal Tersingkir oleh Produk Impor

Hari Pangan se Dunia jatuh pada Tanggal 16 Oktober 2011, namun hal ini hanya sedikit orang yang mengetahuinya, bahkan mereka menganggap hal biasa-biasa saja.namun dengan menjamurnya jenis pangan Impor kita turut prihatin atas kebijakan pemerintah yang telah membiarkan itu terjadi.

Produk pangan Lokal saat ini keberadaannya sudah mulai tersingkir  berbagai buah dan Sayuran yang menghiasi di Supermarket adalah Impor.

Keadaan ini seharusnya pemerintah mengantisipasinya dengan serius, jika tidak maka Indonesia sangat bergantung dengan Prodak pangan Impor.

Para Petani untuk mempertahankan lahan dan kebun mereka demi kelangsungan pangan lokal, namun di satu sisi pemerintah tidak menganggap hal ini serius,malah mereka dianggap sebagai biang kerok ketika berhadapan langsung dengan perusahaan yang nyata-nyata menggusur lahan pertanian .

Jika Pemerintah membuat slogan "mari cintai produk Indonesia" mengapa hal ini dibiarkan terjadi ?

Petani merasa kecewa karena hasil kebun mereka kemudian tidak ada harganya, bayangkan jika satu Kilo Kentang dulu harganya sekitar Rp 8000 dan bersaing dengan Kentang Impor yang harganya jauh lebih murah dibanding kentang lokal yaitu sekitar Rp 2000 perkilogram.

Pemerintah seharusnya sudah mengantisipasi, agar produk Impor tidak membanjiri Indonesi dengan demikin maka  petani Indonesia lebih mendapat tempat, untuk bisa memasarkan produknya sendiri di Negeri sendiri.

*) Saji Fathurohman, Kontributor myPangandaran.com



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Ekonomi dan Wirausaha Lainnya
Pesona Pantai Selatan Tak Ada Habisnya
Pesona Pantai Selatan Tak Ada Habisnya
Selasa, 09 November 2010 18:18 WIB
KAWASAN pantai di bagian selatan Jawa Barat seolah tiada habisnya. Mulai Pantai Pangandaran, Batu Hiu, sampai Pantai Batu Karas, Kabupaten Ciamis. Panorama pantai dengan ombaknya yang menyapu pasir begitu menakjubkan.
​Bukit Pilar Pesona di Pinggiran Pangandaran
​Bukit Pilar Pesona di Pinggiran Pangandaran
Kamis, 16 Maret 2017 09:51 WIB
Pesona Pangandaran sebagai kabupaten pariwisata tentunya tak akan ada habisnya dari pantai nya yang mempesona, gua gua yang indah dan bukit bukitnya yang tak kalah indah tentunya, dengan 10 kecamatan yang ada tentunya memiliki pesona masing masing d setiap kecamatanya. Kali ini mimin akan membahas salah satu pesona kecamatan tertinggi di ujung kabupaten Pangandaran yaitu kecamatan Langkaplancar.
Tips Jalan-Jalan Saat Ramadhan
Tips Jalan-Jalan Saat Ramadhan
Minggu, 28 Juni 2015 11:17 WIB
Selama Ramadan bukan berarti beberapa aktivitas yang pernah Anda jalani menjadi terhenti karena berpuasa. Anda masih dapat melakukan aktivitas seperti biasa, seperti berolahraga dan berwisata.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini