Apa dan Siapa
Kaswan Hermawan, Pemuda Penggerak Entrepreneurship di Padaherang Pangandaran

Kaswan Hermawan, Pemuda Penggerak Entrepreneurship di Padaherang Pangandaran

Nama Kaswan Hermawan tentu tidak asing langi bagi warga kecamatan Padaherang, apalagi yang pernah mengeyam pendidikan di SMKN 1 Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Sosok pemuda penuh semangat ini sangat identik dengan dunia entrepreneurship khususnya di Padaherang.

Selain beraktifitas sebagai tenaga pengajar di SMKN 1 Padaherang di Jurusan Usaha Perjalanan Wisata, Suami dari Resta Yunita ini mengelola lembaga kursus dan juga Pusat Kegaitan Belajar Masyarakat (PKBM). Selain itu, ia juga aktif mengelola Yayasan Pandu Generasi Indonesia yang membawahi beberapa PAUD di Padaherang. Bahkan, disamping seabreg aktifitas rutinnya, Ia sempat mengelola usaha sablon pakaian dan produksi sandal.

Saat dihubungi oleh myPangandaran, Ayah dari Putri cantik bernama  Talia Putri ini bercerita bahwa aktifitas dalam dunia entrepreneurship dimulai sejak tahun 2009, tidak lama setelah menyelesaikan pendidikan di kota gudeg Yogyakarta. Saat itu ia berfikir bahwa banyak generasi muda menganggur serta banyak pemuda merantau ke kota karena kesulitan mencari pekerjaan di kampung. Ia juga berfikir bahwa ini semua itu adalah sebuah kesalahan, seharusnya, generasi muda berada di tengah masyarakat bersama-sama membangun masyarakat serta melakukan terobosan di segala bidang. Ia menambahkan, program pemerintah yang diberikan secara langsung justru akan membuat masyarakat menjadi konsumtif.

Berbagai dasar itu yang membuat Kaswan bergerak untuk terus bekerja dan berkarya, baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga maupun msayarakat. Hingga akhirnya pada tahun 2010, Kaswan membangun komunitas YESS (Young Entrepreneur School ) yaitu komunitas wirausaha yang diadadakan di sekolah-sekolah. Kaswan dengan Young Entrepreneur School-nya terjun ke sekolah menengah di Pangandaran untuk mengenalkan wirausaha sebagai sebuah harapan dan kesempatan, juga mengarahkan agar siwara tidak terlalu terobsesi kerja ke kota karena desa butuh mereka. Kegiatan ini pula bertujuan untuk melahirkan siswa mandiri, meski masih siswa tapi udah punya penghasilan. Berbagai pelatihan kewirausahaanpun ia gelar hingga saat ini dalam berbagai bentuk seperti workshop disekolah,kursus dan PKBMB. Bahkan kader-kader yang bersama Kaswan tersebar di beberapa kecamatan di Pangandaran, meski belum berlajalan lama, apa yang dilakukan Kaswan sangat dirasakan manfaatnya, khususnya di kecamatan Padaherang.

Kegiatan Kewirausahaaan
Kegiatan salah satu workshop pembuatan sandal yang di inisiasi oleh Kaswan Hermawan

Selain bergulat dalam kegiatan Entrepreneurship, Kaswan Hermawan juga aktif dalam dunia pendidikan, baginya, sosok Nabi Muhammad SAW adalah contoh yang perlu diteladani, salah satunya adalah di usia yang sangat muda Nabi Muhammad SAW sudah ikut berdagang bahkan hingga ke luar kota mekkah. Dan tentu menjadi mimpinya untuk dapat membangun kekuatan ekonomi masyarakat, beberapa aksi langsung baik yang sudah berjalan maupun dalam tahap rencanya, dalam bidang Pendidikan. Beberapa diantaranya rencana pendirian pondok pesantren entrepreneur di daerah padaherang , membangun MI (Madrasah Ibtidaiyah)  di desa Padaherang yang dalam tahap pengumpulan dana untuk pembelian lahan yang tersisa 30 tumbak lagi (rencana 60 tumbak), inisasi perguruan tinggi pariwisata dan juga membuat usaha kecil dan menengah bagi masyarakat.

Untuk semua yang pernah dilakukan oleh Kang Kaswan, Ia pernah didapuk menjadi salah satu pemenang lomba Gerakan Kewirausahan Nusantara tahun 2013 dari Kementrian UKM beserta 1500 orang lainnya dari seluruh Indonesia serta juara lomba LKP tingkat Kabupaten Pangandaran.

Sebagai penghujung, dalam paparannya kepada myPangandaran, Kaswan berharap khususnya untuk warga Padaherang bahwa generasi mudanya harus mampu berkarya dan berkiprah di kampung sendiri agar ilmu dan keterampilan kita bisa dinikmati oleh orang sekeliling, Padaherang harus jadi daerah kreatif serta adanya perusahaan-perusahan yang dimiliki masyarakat serta mempekerjakan masyarakat, Padaherang harus bisa jadi barometer geliat ekonomi kabupaten Pangandaran, Padaherang harus jadi daerah pendidikan yang berkualitas serta banyak harapan lainnya.
Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan
Salah satu kegiatan pelatihan entrepreneurship yang sering dilakukan atas inisiasi Kang Kaswan Hermawan

Sementara untuk Pemerintah khususnya Pemda Pangandaran Kaswan juga berharap adanya pemerataan pendidikan artinya pendidikan bukan hanya untuk usia sekolah tapi bagaimana mendidik masyarakat umum dalam bidang ekonomi harus dilihat sebagai suatu keharusan, Anggaran non fisik di desa-desa harus digunakan untuk pembangunan sumber daya manusia, karena sangat disayangkan bila infrastruktur jalan bagus tapi tidak dimanfaatkan maksimal karena keterbatasan kemampuan SDM, penggalakan ekonomi kerakrayatan dengan mendorong usaha kecil untuk mampu bersaing dengan retail besar dan yang terakhir harapannya akan kepedulian pemerintah daerah Pangandaran terhadap daruratnya ekonomi dan wirausaha. Ia berharap Pemda Pangandaran bisa lebih meningkatkan perannya dalam pembentukan wirausahawan baru di Pangandaran.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Apa dan Siapa Lainnya
Didin Saefudin: Save The Planet Save The Turtle
Didin Saefudin: Save The Planet Save The Turtle
Sabtu, 24 Mei 2014 17:26 WIB
Bernama lengkap Didin Saefudin, Pria kelahiran Pangandaran 27 Januari 1956 yang akrab di kenal dengan sebutan pak didin, memulai menunjukan kepedulianya terhadap biota laut sejak tahun 1983 yang silam, kepedulianya terhadap b
Erry Band, Harumkan Pangandaran Lewat Lagu Soundtrack
Erry Band, Harumkan Pangandaran Lewat Lagu Soundtrack
Sabtu, 29 Juli 2017 14:40 WIB
Anda pasti tau acara Orang Pinggiran yang ada di TransTV, Erry band yang terkenal dengan lagu Mata Hati diacara Orang Pinggiran yang disiarkan oleh salah satu tv suasta yaitu Trans TV, pada hari Sabtu, 29 Juli 2017 dia hadir diacara Sosialisasi Pendidikan dan Keluarga.
Kusmawati Yazid Harumkan Pangandaran Lewat Prestasi Balap Sepeda
Kusmawati Yazid Harumkan Pangandaran Lewat Prestasi Balap Sepeda
Selasa, 25 Maret 2014 21:57 WIB
Kusmawati Yazid lahir di Pangandaran 10 Agustus 1982, terlahir dari pasangan Abrorin Yazid (60) dan Samini (56) adalah anak ke lima dari lima bersaudara perempuan. Sejak usianya masih belia duduk di bangku kelas enam Sekolah
Jajang Nurjaman,Sang Motivator Gerakan Beach Clean Tanpa Pamrih
Jajang Nurjaman,Sang Motivator Gerakan Beach Clean Tanpa Pamrih
Jum'at, 09 Desember 2011 10:09 WIB
Berangkat dari keprihatinannya terhadap kondisi pantai Pangandaran. Jajang Nurjaman, seorang pemandu wisata di Pangandaran memberanikan diri turun ke pantai untuk menyerukan gerakan Beach Clean. Bermodal Megaphone, sang