Berburu Sotong di Pantai Pangandaran


Berburu Sotong di Pantai Pangandaran

Pangandaran, mypangandaran.com - Saat musim sotong, di pagi hari buta para pemburu sotong di pantai Pangandaran bergegas untuk menuju ketengah laut, melawan ombak dan badai, berkejaran dengan matahari, demi mencari nafkah.

Lukman (38) salah satu penyelaman tradisional (tanpa oksigen tambahan) pemburu sotong di Pantai Pangandaran pagi itu mendapatkan beberapa ekor sotong hasil  tangkapannya yang akan Ia jual ke pengepul (bakul ikan).

“Jika sedang musim sotong tiba , saya selalu memancing sotong di laut dan bawa perlengkapan menyelam seperti sepatu katak dan masker,” ujar Lukman.

Dia menambahkan memang bukanlah perkara yang mudah mencari sotong dengan cara melakukan penyelaman tradisional seperti ini,

“Butuh kesabaran dan napas yang panjang, serta stamina yang bagus untuk mendapatkan dua sampai tiga ekor sotong setiap harinya,” imbuh Lukman.

Sotong biasanya terlihat  pada permukaan air laut dengan berenang mengikuti alunan gelombang pantai. Terkadang terlihat seperti sampah yang hanyut kesana kemari sambil berkamuflase untuk mengelabuhi mangsanya untuk mendekat dan ditangkap.

Dalam berburu sotong  Lukman tidak sendirian, biasa Ia bersama teman-temannya, seharinya pemburu sotong di Pantai Pangandaran, bisa mendapatkan 2 sampai 5 ekor. Untuk kemudian dijual ke pengepul dengan harga Rp30-60 ribu/ekornya.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pernik Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini