Pemprov Jawa Barat akan Menata Permukiman di Jalur Selatan


Pemprov Jawa Barat akan Menata Permukiman di Jalur Selatan

Pangandaran,myPangandaran.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, kini sedang membuat Raperda penataan pemukiman di kawasan Selatan Jabar atau di sepanjang jalan tembus antara Pangadaran-Pelabuhan Ratu. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kamis, di Bandung, menyatakan, alasan dibuatnya Raperda tersebut ialah agar rumah atau pemukiman di sepanjang jalan tembus antara Pangandaran-Pelabuhan Ratu tersebut menjadi lebih tertata dan efisiensi dalam pelayanan publik.

"Rumah di kawasan Selatan Jabar itu akan ditata, kawasan tersebut masih kosong dan sangat mungkin ditata dengan baik," kata Gubernur usai menghadiri Seminar Nasional Infrastruktur dan Sinergi Pusat dan Daerah, di Hotel Grand Aquila Bandung.

Ia mengatakan, jika perumahan di sepanjang jalur Selatan Jabar itu dibiarkan tidak tertata maka bisa berdampak pada efisiensi pelayanan publik seperti akses pembicara/" target="_blank">pendidikan, kesehatan menjadi tidak efisien.
"Sekarang gini, kalau kita jalan-jalan ke luar negeri, ada ngak rumah-rumah di sepanjang atau pinggir jalan, kan tidak ada. Nah, kalau ini dibiarkan nanti tidak tertata dengan baik dan kumuh," katanya.

Menurutnya, Raperda tersebut sudah masuk di dalam Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa Barat yang baru. Untuk pembangunan jalan sepanjang 423 kilometer dari kawasan Pangandaran yang tembus ke Pelabuhan Ratu Pemprov Jabar menganggaran Rp 600 miliar.

Rencananya jalan tersebut akan dibangun pada tahun 2011 mendatang."Untuk dananya itu ditanggung oleh pemerintah pusat Rp 500 miliar pinjaman dari luar negeri dan pembayarannya dibebankan ke APBN," ujar Gubernur.

Menurut Heryawan, Pemprov Jabar hanya mengalokasikan Rp 100 miliar untuk membangun infrastruktur di sepanjang jalur Pangandaran- Pelabuhan Ratu agar jalan hidup dan dimininati investor. Infrastruktur sarana dasar yang akan dibangun di kawasan tersebut di antaranya pasar, puskesmas, sekolah, masjid, ruang terbuka hijau dan gedung pertemuan dan lain-lain. (Republika)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini