Jarak Pandang Terganggu, Bandara Nusawiru Ditutup


Jarak Pandang Terganggu, Bandara Nusawiru Ditutup

Cijulang, myPangandaran.com - Hujan abu dari erupsi yang dimuntahkan Gunung Merapi di Jogyakarta mulai mengganggu aktivitas warga di Kabupaten Ciamis Selatan, Jawa Barat. Bandara Udara Nusawiru, Pangandaran untuk sementara ditutup hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

”Ya mulai hari Kamis kemarin kami sudah menutup aktivitas penerbangan,” ujar Koordinator Bandara Udara Nusawiru, Hendra Gunawan, kepada Tempo, Sabtu (6/11). Ia pun belum bisa menentukan sampai kapan aktivitas penerbangan di bandara tersebut akan kembali dibuka. Beberapa pesawat terbang Susi Air masih terparkir di bandara dengan badan pesawat yang tertimpa debu Merapi. Beberapa bagian mesin pesawat juga ditutupi agar tidak kemasukan debu.

Menurut Hendra, seiring masih meningkatnya aktivitas erupsi gunung Merapi yang menyebabkan terjadinya hujan abu, lembaganya terpaksa menghentikan aktivitas penerbangan untuk sementara waktu karena hal tersebut cukup mengganggu jarak pandang pilot.

Bukan hanya aktivitas penerbangan di bandara yang terganggu, namun akibat hujan abu vulkanik tersebut juga mengganggu aktivitas nelayan.  Sejumlah nelayan terpaksa menghentikan kegiatannya. “Cuacanya tidak enak banget, seperti diselimuti kabut, mata juga pedih,” ujar Enang, 42 tahun, salah seorang nelayan.

Debu Merapi juga mengganggu proses pengolahan ikan. ”Kami terpaksa tidak mengolah ikan asin dulu karena debunya banyak,”ujar Popon, 47 tahun, salah seorang pengolah dan penjual ikan asin, di Kecamatan Pangandaran. Menurut Popon, hujan abu yang terjadi sepekan terakhir menyebabkan kawasan Pangandaran mendung,  serta sepi wisatawan. Tak pelak ia pun mengemasi barang dagangannya lebih cepat dari biasanya. “Jualan saya saja pulangnya masih siang, tidak seperti biasanya,”ujarnya. (Tempo)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini