Setiap Hari Bersihkan Sampah Tanpa Pamrih


Setiap Hari Bersihkan Sampah Tanpa Pamrih

Pangandaran,myPangandaran.com-Hampir setiap hari sampah menumpuk di tanggul pemecah gelombang Pantai Timur Pangandaran. Kondisi tersebut membuat Arnold merasa prihatin. Hati pria berusia 70 itu selalu tergerak untuk membersihkannya.
Makanya, setiap kali selesai bekerja di sebuah hotel di kawasan Pantai Timur, pria yang hidup sendiri itu memunguti sampah-sampah dari bebatuan. Ia tidak merasa kesal kendati nelayan kadang membawa sampah dan membuat tanggul pemecah gelombang seolah tempat pembuangan sampah baru.

Pria asal Flores yang sudah 18 tahun tinggal di Pangandaran tersebut hanya berharap suatu saat bisa melihat Pangandaran kembali bersih. “Sejak kecil saya hidup di pantai, nggak enak rasanya melihat pantai banyak sampah tercecer," tuturnya.
Kakek beranak dua ini menceritakan sejak kali pertama menginjakkan kaki di Pangandaran merasa seperti berada di daerahnya sendiri. Sehingga, ia merasa betah tinggal di Pangandaran.
“Walaupun saya hidup sendiri jauh dari keluarga saya nggak merasa asing. Orang sini pada baik sama saya. Kalau saya lagi bersih-bersih di pantai kadang warga sini yang jualan memberi kopi sama rokok,” tuturnya.

Aktivitas Arnold sangat mulia dan sepatutnya ditiru semua kalangan. Aris (30), salah seorang warga Pangandaran, pun tak segan untuk melontarkan puji kepada Arnold.
“Saya benar-benar salut sama Pak Arnold, kepeduliannya sama Pangandaran begitu besar. Saya sering melihat beliau sedang membersihkan sampah di pinggir pantai,” ungkapnya.
Dari pantauan Radar, tumpukan sampah di bantaran tanggul pemecah gelombang semakin memprihatinkan. Sampah berserakan menjadi pemandangan yang kerap terlihat.
Menyikapi masalah sampah, Kepala UPTD Dinas Cipta Karya Pangandaran Aan Kusnaedi mengatakan pihaknya telah mempersiapkan satu bak penampungan sampah untuk mengangkut sampah pantai tersebut.

“Kami sudah siapkan bak di sana dan secepatnya kami angkut karena memang sampah di sana terus bertambah tiap hari. Saat musim penghujan, sampah dari beberapa sungai di kawasan Pangandaran masuk ke laut dan terbawa hingga ke bibir pantai,” jelasnya.
Aan menambahkan pihaknya sedang memaksimalkan upaya penanganan kebersihan termasuk mengusulkan penambahan armada angkut menjelang libur Lebaran



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini