PMI Ciamis Kehabisan Persediaan Darah, Pangandaran Donor Darah


PMI Ciamis Kehabisan Persediaan Darah, Pangandaran Donor Darah

Pangandaran,myPangandaran.com-Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Ciamis mengaku tak memiliki satu labu darah pun untuk persediaan menghadapi arus mudik dan balik lebaran. Menurut Tete, Ahli Transfusi Darah (ATD) di UTD PMI Ciamis, kondisi tersebut sudah berlangsung selama dua minggu. "

"Stoknya kosong untuk semua golongan darah. Karena itu para pemudik diimbau untuk ekstra berhati-hati, sebab jika mengalami kecelakaan dan membutuhkan bantuan darah harus mendatangkan donor sendiri," kata Tete, Minggu (29/8).

Sebenarnya, kisah Ate, pekan terakhir menjelang masuk Bulan Ramadan, PMI Ciamis mendapatkan pasokan yang cukup banyak dari berbagai kegiatan donor darah seperti di Pangandaran (114 labu), di Pendopo Ciamis (73 labu), dan di perkebunan Cikupa (40 labu).

"Tapi stok tersebut langsung terpakai. Pemohon terbanyak adalah para penderita talassemia. Di Ciamis lebih seratus penderita talassemia yang setiap bulan harus mendapatkan transfusi darah," jelas Tete.

Tete menambahkan, Bulan Puasa memang merupakan bulan yang sulit untuk mendapatkan donor. "Pada Bulan Ramadan memang jarang ada yang mendonorkan darahnya. Kegiatan donor darah pun biasanya praktis terhenti," katanya.

Meski persediaan darah di Ciamis kini tidak ada sama sekali, pelayanan kesehatan di jalur mudik tetap dilakukan secara maksimal. Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis menyiagakan 32 posko kesehatan mulai H-7 sampai H+7. 

Posko tersebut siaga 24 jam sehari dengan tenaga medis yang selalu stand by, lengkap dengan obat-obatan serta mobil ambulans. Posko kesehatan ini berada di jalur utama mudik, jalur alternatif, jalur wisata dan objek wisata.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini