Jembatan Cipongpet Ditutup


Jembatan Cipongpet Ditutup

Cijulang, myPangandaran.com - Jembatan Cipongpet yang menghubungkan Dusun Pangancraan dengan Dusun Margajaya di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang ditutup mulai kemarin. Jembatan gantung tersebut kondisinya rusak berat, seling utama jembatan hampir putus sementara kawat-kawat penyangga mulai terlepas dan sebagian hilang.

Kepala Desa Margacinta Ade mengatakan sasak gantung tersebut sudah berumur sekitar 18 tahun sehingga sudah lapuk dimakan usia. “Pemeliharaan jembatan paling hanya pada bantalannya yang terbuat dari bambu karena memang mudah dibuat dan bahannya banyak. Sementara
untuk kawat penyangga belum pernah diganti,” ungkapnya.  Untuk menjaga keselamatan warga, sambung dia, pihak desa menutup jembatan gantung tersebut. “Kawat utamanya sudah berkarat dan beberapa titik sepertinya akan putus, daripada membahayakan mendingan jangan digunakan dulu. Saya khawatir jika dipaksakan nanti malah mencelakakan warga,” tuturnya.

Ade menjelaskan jembatan gantung tersebut melintasi Sungai Margacinta dan menghubungkan dua dusun, yaitu Dusun Pangancraan tepatnya RT 01/11 dengan Dusun Margajaya RT 01/12. Panjang jembatan tersebut mencapai 62 meter dan memiliki lebar 2 meter. Hingga saat ini, pihak desa belum mampu memeperbaiki jembatan tersebut karena keterbatasan dana. Ade memperkirakan untuk memperbaiki jembatan tersebut membutuhkan dana sedikitnya Rp 100 juta.

Meski sudah ditutup beberapa warga masih nekat melintas di jembatan tersebut. Menurut warga, jika melalui jalan lain akan memakan waktu lama karena harus memutar beberapa kilometer. “Lumayan takut juga sih, tapi kalau harus memutar ke jalan lain terlalu jauh,” tutur Ujang (32) warga Margajaya Kecamatan Cijulang.Kartoyo Karsan (60), tokoh masyarakat setempat berharap jembatan tersebut segera diperbaiki dan dipertahankan karena keberadaannya dibutuhkan warga.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini