Hama Keong Mas Resahkan Petani


Hama Keong Mas Resahkan Petani

Pangandaran,myPangandaran.com-Sebagian besar petani di Blok Kandang Menjangan Desa Purbahayu Kecamatan Pangandaran resah karena keong mas mulai menyerang areal pesawahan. Para petani mengaku sangat kesulitan membasmi hewan bercangkang tersebut. Saat ini petani hanya membasmi dengan cara manual, memungutinya satu per satu.

Menurut para petani, hampir setiap musim tanam, keong mas muncul. Namun saat ini jumlahnya sangat banyak. “Kalau sedikit, nggak terlalu bahaya, tapi kalau sudah banyak seperti sekarang, bisa merusak padi,” tutur Saminah (39), warga RT 03/03 Dusun Bojongjati Desa Pananjung yang kemarin sedang memungut keong di sawah miliknya.Walaupun setiap hari dipungut, kata dia, keong-keong tersebut tak kunjung habis. ”Padahal saya setiap hari munguti keong tapi tetap saja banyak,” tuturnya. Memungut keong, kata dia, bukan perkara mudah karena terhalang lumpur dan genangan air. “Caranya harus diraba pakai tangan atau kaki,” tuturnya.

Begitu juga dengan Ruswandi (81). Setiap hari ia memungut keong di sawah miliknya. Namun kakek yang masih terlihat sehat itu memanfaatkan keong untuk kelangsungan usahanya yang lain, yaitu memelihara bebek.

Menurutnya, segala sesuatu yang menjijikan sekalipun pasti ada manfaatnya, termasuk keong mas. Walaupun tidak enak dikonsumsi, namun keong mas sangat baik untuk pakan bebek. “Keong ini memang merusak tapi bisa juga bermanfaat. Keong-keong ini bagus untuk makan bebek,” ujarnya lagi.

Hingga saat ini, Ruswandi mengaku memiliki puluhan ekor bebek yang setiap hari diberi keong mas hasil buruannya. Setiap hari ia bisa membawa setengah karung keong mas. Jika di sawahnya mulai jarang, ia memungut keong dari sawah orang lain. “Hitung-hitung membantu tapi juga bermanfaat buat kakek,” tuturnya.

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini