Country Side Pangandaran


Country Side Pangandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-COUNTRY side merupakan paket perjalanan wisata menelusuri pinggiran Pangandaran, melihat aktivitas sosial dan budaya masyarakat. Biasanya country side menggunakan becak ataupun sepeda sebagai sarana transportasinya.

Menurut Jajang Nurjaman, pemandu wisata yang juga pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia DPC Kabupaten Ciamis, wisatawan asing sangat tertarik dengan aktivitas budaya dan sosial masyarakat di satu daerah. “Biasanya mereka mencari sesuatu yang tidak ditemukan di negaranya,” ungkap dia.

Dikatakannya, rute yang biasa dilalui yaitu pasar tradisional di Desa Pananjung. Kampung Bojong Jati untuk melihat proses pembuatan gula kelapa dan tempe. Kampung Karangsari melihat kerajinan pembuatan souvenir. Desa Wonoharjo melihat para pengrajin pandai besi dan pembuatan kerupuk. Kemudian ke Cikembulan untuk melihat proses pembuatan wayang golek.

Jika menggunakan sepeda, lanjut dia, wisatawan bisa menempuh rute lebih jauh lagi, hingga daerah pemandian alam Citumang dan Pantai Karang Tirta. “Pakai sepeda lebih asyik, bisa melewati pesawahan, malah kalau suka tantangan biasanya kami ajak ke area perbukitan yang track-nya menantang dan panoramanya sangat indah,” tutur dia.

Setiap perjalanan wisata, biasanya tarif bergantung rute daerah yang dikunjungi. “Kalau masalah harga bisa dinego saja dengan pemandu,” imbuhnya.Om Yudis, pemandu wisata yang sudah puluhan tahun bergelut di bidang pariwisata menuturkan country side sudah lama dikenal wisatawan asing. Namun wisatawan domestik sangat jarang yang menikmatinya.

“Kalau ke Pangandaran, ya mereka (wisatawan Domestik) paling cuma ke pantai, padahal banyak hal menarik di luar itu. Country side pakai sepeda, misalnya, selain sehat juga bisa menghilangkan kejenuhan dengan objek wisata yang itu-itu saja,” papar dia.

Sumber: RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini