Nelayan Pangandaran Keluhkan Sampah


Nelayan Pangandaran Keluhkan Sampah

Pangandaran,myPangandaran.com-Nelayan di pantai timur Pangandaran mengaku dirugikan dengan kondisi laut di sepanjang pantai yang kotor akibat sampah. Hal ini mempengaruhi hasil tangkapan mereka. Bahkan, sampah tersebut menambah beban jaring saat ditarik.Dikatakan Katisno (38), salah seorang pemilik jaring, dia dan nelayan lain yang biasa menebar jaring di sepanjang pantai timur terganggu. Selain hasil tangkapannya mulai menurun, jaring mudah rusak akibat beratnya sampah saat ditarik.

“Kemungkinan sampah-sampah tersebut akibat limpahan dari sungai-sungai di kawasan Pangandaran. Termasuk sungai Citanduy yang akhir-akhir ini sering meluap. Selain itu, warga juga masih ada yang sembunyi-sembunyi membuang sampah ke laut,” keluhnya.
Ditambahkan Ketua Rukun Nelayan Rusim, penumpukan sampah di kawasan laut pantai timur Pangandaran sering terjadi pada saat musim hujan tiba.

Sungai-sungai yang meluap sudah bisa dipastikan membawa banyak sampah yang akhirnya sampai ke laut,” jelasnya.Untuk itu, dia berharap agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai atau ke laut.“Selain merugikan nelayan, karena dapat merusak jaring, sampah-sampah itu juga bisa membuat ikan tidak nyaman yang akhirnya berpindah ke tempat lain,” bebernya.

Ditegaskan pemerhati lingkungan asal Pangandaran Budi Nugroho, semakin besar volume sampah yang dibuang ke laut akan berpengaruh besar terhadap habitat ikan. “Diperlukan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. Kalau kita hanya bergerak untuk membersihkan saja tanpa ada kesadaran dari masyarakat sendiri akan sulit,” tandasnya

Sumber RadarTasikmalaya



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini