Wisata dan Kuliner
Bikin Opak di Rumah Penduduk

Bikin Opak di Rumah Penduduk

Pantai Pangandaran di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terkenal sebagai kawasan obyek wisata dengan pantai yang indah. Untuk jajanan, ada opak, makanan khas daerah setempat yang unik. Peserta ACI (Aku Cinta Indonesia) detikcom Indriastuty Pharmantara dan Yulastriany berkesempatan mendatangi pusat pembuatan opak di salah satu rumah penduduk. Tidak hanya melihat-lihat, mereka juga belajar dan mempraktikkan membuat opak.

"Senang banget, ini pertama kali aku melihat dan  menyaksikan pembuatannya secara langsung," ujar Indriastuti, ketika dihubungi detikcom, Jumat (8/10/2010). "Saya kagum dengan pembuat opaknya, mereka buatnya cepat dan bentuknya juga sama," sambung Tuteh panggilan akrab Indriastuty yang berasal dari Maumere, Nusa Tenggara Timur.

"Aku juga belum pernah melihat sebelumnya, jadi waktu ke sini aku senang," timpal Yulastriany. Pengalaman Indriastuty atau yang akrab di sapa Tuteh dan Yulastriany alias Aci tidak hanya dapat melihat proses pembuatannya saja, tapi mereka diajarkan membuat opak.

"Menarik bisa melakukan hal-hal yang baru. Saya belajar bikin opak dan bertanya-tanya apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat opak," tutur Tuteh dengan antusiasnya. "Ternyata selama ini saya salah, saya kira opak terbuat dari singkong. Tapi ternyata ketika saya tanya dari beras ketan," lanjutnya lagi sambil tertawa.

"Waktu saya bikin, hasilnya kacau dan jelek banget, gak bulat gitu. Untung ibu-ibu yang mengajari saya baik banget, jadinya sama si Ibu dirombak lagi. Jadi malu saya gak bisa bikin opak," ujar Aci sembari tertawa.

Sebelumnya Tuteh dan Aci telah menjelajahi beberapa tempat di Jawa Barat seperti Pantai Pangandaran, pusat tari topeng di Desa Pakandangan juga Museum Linggarjati di Kuningan.

*) Peserta lomba Aku Cinta Indonesia (ACI) Detik.com



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Saatnya Bambu di Maksimalkan Untuk Kesejahteraan Masyarakat
Saatnya Bambu di Maksimalkan Untuk Kesejahteraan Masyarakat
Selasa, 06 November 2012 19:49 WIB
Siapa yang tidak tahu bambu nih? Bambu mempunyai arti dan sejarah penting bagi kemerdekaan republik indonesia. Siapa sangka bambu yang berbentuk runcing dan kecil ini mampu mengalahkan penjajah di bumi pertiwi ini yaitu Indonesia,sehingga Indonesia bisa bebas merdeka
Pangandaran Lautan Scooter, Ajang Silaturahmi Para Bikers Vespa
Pangandaran Lautan Scooter, Ajang Silaturahmi Para Bikers Vespa
Selasa, 30 November 2010 10:40 WIB
Pangandaran Lautan Scooter (PALAS) telah menjadi agenda tahunan Pariwisata Kabupaten Ciamis khususnya di Kecamatan Pangandaran, yang diselenggarakan setiap Bulan Juli, untuk medukung kegiatan Festival Layang-layang, lebih dari 2000 anggota dari berbagai komunitas pengguna Vespa dari berbagai daerah berkumpul memadati Pantai Pangandaran.
Tips Liburan Ke Green Canyon
Tips Liburan Ke Green Canyon
Rabu, 06 April 2011 08:37 WIB
Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km.Obyek wisata yang satu ini termasuk paling populer di sekitar kawasan Pangandaran alhasil setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi Wisatawan, sesekali terlihat antrian panjang wisatawan di couter penjualan tiket.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini