Wisata dan Kuliner
Bikin Opak di Rumah Penduduk

Bikin Opak di Rumah Penduduk

Pantai Pangandaran di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terkenal sebagai kawasan obyek wisata dengan pantai yang indah. Untuk jajanan, ada opak, makanan khas daerah setempat yang unik. Peserta ACI (Aku Cinta Indonesia) detikcom Indriastuty Pharmantara dan Yulastriany berkesempatan mendatangi pusat pembuatan opak di salah satu rumah penduduk. Tidak hanya melihat-lihat, mereka juga belajar dan mempraktikkan membuat opak.

"Senang banget, ini pertama kali aku melihat dan  menyaksikan pembuatannya secara langsung," ujar Indriastuti, ketika dihubungi detikcom, Jumat (8/10/2010). "Saya kagum dengan pembuat opaknya, mereka buatnya cepat dan bentuknya juga sama," sambung Tuteh panggilan akrab Indriastuty yang berasal dari Maumere, Nusa Tenggara Timur.

"Aku juga belum pernah melihat sebelumnya, jadi waktu ke sini aku senang," timpal Yulastriany. Pengalaman Indriastuty atau yang akrab di sapa Tuteh dan Yulastriany alias Aci tidak hanya dapat melihat proses pembuatannya saja, tapi mereka diajarkan membuat opak.

"Menarik bisa melakukan hal-hal yang baru. Saya belajar bikin opak dan bertanya-tanya apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat opak," tutur Tuteh dengan antusiasnya. "Ternyata selama ini saya salah, saya kira opak terbuat dari singkong. Tapi ternyata ketika saya tanya dari beras ketan," lanjutnya lagi sambil tertawa.

"Waktu saya bikin, hasilnya kacau dan jelek banget, gak bulat gitu. Untung ibu-ibu yang mengajari saya baik banget, jadinya sama si Ibu dirombak lagi. Jadi malu saya gak bisa bikin opak," ujar Aci sembari tertawa.

Sebelumnya Tuteh dan Aci telah menjelajahi beberapa tempat di Jawa Barat seperti Pantai Pangandaran, pusat tari topeng di Desa Pakandangan juga Museum Linggarjati di Kuningan.

*) Peserta lomba Aku Cinta Indonesia (ACI) Detik.com



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Lansia Berdaya di Pangandaran, Sebuah Kisah Inspiratif
Lansia Berdaya di Pangandaran, Sebuah Kisah Inspiratif
Jum'at, 29 Desember 2023 10:36 WIB
Bicara tentang Pangandaran, daerah yang memiliki destinasi wisata yang cukup banyak. Dari mulai pantainya yang cantik, cagar alamnya yang menyimpan banyak sekali flora dan fauna, serta curug yang sangat sejuk dan indah untuk dikunjungi para wisatawan.
Tips Mencari Penginapan Di Pangandaran
Tips Mencari Penginapan Di Pangandaran
Kamis, 31 Maret 2011 13:37 WIB
Mencari penginapan di Pangandaran bisa dikatakan susah-susah gampang apalagi yang murah Meriah dan nyaman.Susahnya karena biasanya sangat terkait, dengan kondisi keramaian wisatawan itu sendiri.Gampangnya apabila Anda sudah tahu, dan faham dimana saja penginapan atau cottege yang murah dan nyaman itu berada.
Tips Merayakan Tahun Baru di Pantai Pangandaran
Tips Merayakan Tahun Baru di Pantai Pangandaran
Kamis, 30 Desember 2010 10:31 WIB
Punya rencana merayakan tahun baru di Pangandaran, bagi yang belum sama sekali merayakan tahun baru di Pantai Pangandaran atau wisata-wisata disekitarnya silahkan simak beberapa tips yang akan kami sajikan untuk anda dibawah ini.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini