Wisata dan Kuliner
Saat Melakukan Perjalanan Di Pantai

Saat Melakukan Perjalanan Di Pantai

1. Kenalilah terlebih dahulu karakter daerah pantai yang akan dilalui, daerah-daerah selatan Indonesia umumnya mempunyai banyak lintasan pasir dan karang, sedangkan di daerah utara pulau jawa umumnya terdiri dari daerah rawa-rawa karena pengaruh laut jawa yg tidak terlalu besar bagi geomorfologi utara jawa.

2. Minumlah terlebih dahulu obat anti MALARIA karena daerah pantai umumnya merupakan daerah yang rentan terhadap nyamuk.

3. Bawalah perlengkapan yang sesuai untuk medan pantai misalnya, sunblock, topi penutup kepala yang lebar. untuk perbekalan dapat membawa buah-buahan atau minuman yang segar, gunakan sepatu yang lebih kuat dari kemungkinan rusak oleh air.

4. Waspada jika medan yang ditemui adalah batu karang, karena ombak bisa datang dan menyeret kita.

5. Jika berjalan di daerah rawa, usahakan untuk bisa melihat ke arah laut ataupun bejalan dan menginjak kayu-kayu dari pohon bakau, usahakan tetap memiliki acuan jalan (bisa melihat ke sebuah titik acuan), jika anda ragu-ragu berjalanlah dengan sudut kompas.

6. Selalu perkirakan posisi anda berada dan sesuaikan dengan peta untuk melihat titik-titik sumber air berikutnya.

7. Tetap lakukan navigasi pantai dengan membidik tanjung dan belokan-belokannya, pulau-pulau kecil atau tanda2 lainnya di sepanjang pantai, misalnya karang, titik triangulasi pantai, bukit-bukit pasir ataupun medan berbukit yang bisa terlihat dari pantai.

8. Berhati-hatilah saat menyeberangi sungai, orang pertama yang menyeberangi selalu mengaitkan dirinya dengan tali ataupun membawa pelampung, jika ingin melambung ke arah hulu sungai pastikan anda tidak terlalu jauh ke arah daratan agar mudah kembali ke pantai. Bisa dicoba juga membuat rakit dari kayu atau batang pisang, perhatikan arus sungai.

9. Usahakan berjalan di medan pasir yang agak basah, lintasan pasir kering biasanya lebih berat dilalui, kecuali lapisan pasirnya padat, lapisan pasir yang berwarna kehitaman, padat dan agak basah biasanya dapat dijalani lebih cepat.

10. Gunakan sepatu ! karena benda ini akan melindungi kaki anda dari banyak bahaya di pantai, hindari pemakaian sendal jepit karena mudah lepas, sulit dipakai berjalan di medan pasir kering, dan tidak dapat melindungi kaki secara keseluuhan...

Sumber : Ngex



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Mereka yang Boleh Tidak Berpuasa Pada Bulan Ramadhan
Mereka yang Boleh Tidak Berpuasa Pada Bulan Ramadhan
Selasa, 24 Juli 2012 21:33 WIB
Meskipun puasa Romadhon itu wajib, namun ada beberapa orang muslim yang berhalangan melaksanakannya. Mereka inilah yang mendapat keringanan boleh tidak berpuasa. Mereka ialah
Bunga Raflesia, Melengkapi Wisata Kami di Cagar Alam Pangandaran
Bunga Raflesia, Melengkapi Wisata Kami di Cagar Alam Pangandaran
Rabu, 20 Juni 2012 07:07 WIB
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih dua jam, masuk dari gerbang cagar alam di pantai timur dan dipandu oleh bapak Ajat, kami mengelilingi cagar alam pangandran, kami melihat dan mengunjungi berbagai tempat, kami melihat monyet dan kumpulannya, serta ada komunitas lutung.
Batu Karas, Keindahan Lain Pantai Selatan
Batu Karas, Keindahan Lain Pantai Selatan
Senin, 28 Februari 2011 16:51 WIB
KETIKA alam menunjukkan sikap yang bersahabat, apapun terlihat indah dan terasa menyenangkan. Begitupun yang akan Anda alami di Batu Karas, sebuah objek wisata yang kerap dikunjungi para peselancar.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini